mediabangsa.com – Bagi Anda yang sering menggunakan laptop, kemungkinan ingin memiliki perangkat yang ebrsih dari segala sisi. Termasuk untuk layar, yang notabene adalah bagian terpenting dari laptop.

Layar laptop yang berdebu bahkan berjamur tentu akan mengganggu. Apalagi jika kotoran tersebut sampai merusak perangkat. Padahal biaya perbaikan laptop sendiri tidaklah murah.

Untuk itu, ada baiknya mencegah layar laptop rusak dengan menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan laptop cukup mudah, namun Anda tetap harus melakukanya dengan benar. Berikut KompasTekno rangkum cara membersihkan laptop dengan benar.

Membersihkan layar laptop dengan kain microfiber

Jika layar laptop mulai berdebu, cara membersihkan layar laptop dengan benar adalah dengan membersihkannya menggunakan kain microfiber. Kain microfiber merupakan kain yang memiliki tekstur sangat lembut dan mampu menangkap debu, kotoran, hingga bakteri.

Caranya adalah matikan laptop terlebih dahulu agar lebih aman. Saat keadaan mati, debu akan lebih terlihat terutama jika terpapar cahaya matahari. Untuk membersihkan layar laptop, usap layar dengan lembut dan jangan terlalu menekannya.

Membersihkan layar laptop dengan spons basah

Tak hanya debu, terkadang layar Anda terkena beberapa noda lain. Namun tak perlu khawatir Anda dapat membersihkannya menggunakan spons basah. Namun perhatikan cara membersihkan laptop dengan benar berikut ini agar tetap aman dan bersih.

Pertama-tama pastikan laptop dalam keadaan mati. Jika memungkinkan, cabut baterai laptop Anda. Ambil spons dan basahi spons. Setelah itu peras hingga spons tidak meneteskan air lagi atau tekstur spons menjadi lembab saja.

Kemudian arahkan pada noda di layar laptop dan usapkan secara perlahan. Setelah membersihkannya, tunggu hingga benar-benar kering sebelum menggunakan atau menutupnya kembali.

Membersihkan layar laptop dengan larutan pembersih khusus laptop

Cara membersihkan laptop dengan benar untuk noda yang yang mengandung minyak atau bahan lengket, Anda dapat membersihkannya dengan cairan khusus pembersih layar laptop.

Namun perlu Anda perhatikan hindari cairan pembersih yang mengandung aseton, amonia, asam etil, etil alkohol, metil alkohol, metil klorida, toluena, pembersih jendela, dan zat korosif lainnya.

Ada beberapa komposisi bahan cairan yang aman untuk membersihkan layar laptop, yakni campuran air suling dan cuka putih masing-masing 50 persen, air suling dan isopropil alkohol masing-masing 50 persen, atau 100 persen air suling dan setetes deterjen piring.

Cara membersihkannya adalah dengan mematikan laptop terlebih dahulu atau cabut baterai laptop sekalian. Selanjutnya tuang atau semprotkan cairan pembersih layar laptop pada kain mikrofiber, pastikan tidak terlalu basah dan hanya lembab saja.

Kemudian gosok layar laptop dengan perlahan dan lembut agar menghindari goresan. Pastikan menekannya terlalu keras. Setelah menggosoknya secara perlahan diamkan laptop kurang lebih setengah jam hingga layar mengering, sebagaimana dirangkum dari Digital Trends, Minggu (9/2/2022).

Itulah cara membersihkan layar laptop dengan benar. Pastikan untuk selalu hati-hati saat membersihkannya. Semoga membantu.