mediabangsa.com – Kebanyakan orang mengira bahwa pemakaian sunblock sama saja seperti ketika memakai hand and body lotion, yakni hanya sekali usap di tubuh atau wajah sebelum beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Padahal, ada sejumlah aturan yang harus ditaati jika kamu ingin mendapatkan proteksi yang lebih baik dari sunblock.

Nah, kali ini Kamini akan memberikan informasi mengenai cara memakai sunblock yang benar di tubuh dan wajah. Namun sebelumnya biarkan Kamini menyampaikan beberapa tips penting untuk memilih sunblock yang terbaik.

Tips Memilih dan Memakai Sunblock yang Aman

Dewasa ini, produk tabir surya memang dijual bebas. Setiap produk menawarkan kelebihannya masing-masing. Akan tetapi, sebagai konsumen kita juga harus cerdas dalam memilih sunblock yang aman dan benar-benar mampu memberikan perlindungan untuk kulit.

Bagi kamu yang baru hendak membeli sunblock dan pertama kali menggunakannya, simak tips penting berikut ini!

Pilih yang SPF-nya Tepat

* sumber: www.washingtonpost.com

Jika kamu pernah memperhatikan di setiap kemasan produk sunblock terdapat tulisan SPF. Sun Protector Factor (SPF) ini menentukan daya tahan sunblock di kulit. Kalkulasinya adalah 1 SPF x 15 menit. Kalau kamu memakai sunblock dengan SPF 15, maka perhitungannya adalah 15 SPF x 15 menit = 225 (menit). Artinya, setiap 225 menit sekali kamu harus memakai ulang sunblock agar kulit tetap terproteksi.

Sejatinya, jika kamu hanya beraktivitas di dalam ruangan, kamu cukup memakai produk sunblock SPF 15. Namun, apabila kamu sangat aktif berkegiatan di luar ruangan pada siang hari, maka gunakanlah produk tabir surya dengan SPF 30 ke atas.

Kulit Hitam Tetap Butuh Sunblock

* sumber: www.verywellhealth.com

Siapa bilang sunblock hanya perlu dipakai oleh pemilik kulit putih? Pemilik kulit gelap juga membutuhkan sunblock. Perlu kamu ingat, sunblock tidak hanya sekadar untuk mencegah kulit agar tidak menjadi hitam, tetapi melindungi kulit agar tidak terbakar oleh sinar matahari.

Apapun warna kulitmu, kamu tetap harus memberikan proteksi tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Sinar matahari yang mengandung sinar UVA dan UVB ini dapat merusak dan menimbulkan penyakit kulit. Nah, keberadaan sunblock berguna untuk mencegah paparan sinar UVA dan UVB pada kulitmu.

Wajib Dipakai Saat Beraktivitas di dalam Ruangan

* sumber: www.healthline.com

“Saya kan kerja di dalam gedung, tentu saja kulit saya tidak terpapar sinar matahari…” Nah, mungkin kamu juga pernah berpikir seperti ini. Padahal, sinar matahari bisa menembus kaca di bangunan tempat kamu berada dan paparan sinar UVA dan UVB tetap tak terhindari.

Jadi, walaupun kamu selalu beraktivitas di dalam ruangan, kamu wajib menggunakan sunblock. Pilih sunblock SPF 15 saja jika kamu ingin memakainya di dalam ruangan.

Usapkan Sunblock Secukupnya

* sumber: www.independent.co.uk

Demi melindungi kulit dari sinar matahari, kamu wajib mengaplikasikan sunblock secukupnya. Jangan mengusapkan sunblock terlalu banyak atau terlalu sedikit. Pakai secukupnya saja dan lakukan retouch selama beberapa jam.

Berikan Proteksi Tambahan

* sumber: www.today.com

Kamu sudah berhasil menggunakan sunblock sebagai proteksi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun tak ada salahnya jika kamu turut memberikan proteksi tambahan selagi memakai sunblock. Proteksi tambahan yang dimaksud bisa berupa kosmetik atau skin care yang mengandung tabir surya atau SPF.

Opsi proteksi tambahan lainnya adalah menggunakan topi atau penutup kepala yang bisa menutupi hingga area wajah. Untuk kulit tubuh, kamu bisa memakai pakaian lengan panjang, jaket, atau sarung tangan. Perlindungan sederhana seperti ini bisa mencegah kulitmu mengalami kerusakan atau terbakar, lho.

Cara Memakai Sunblock yang Benar

Walaupun terlihat mudah, ternyata cara memakai sunblock yang benar cukup rumit. Cara mengaplikasikan sunblock di kulit tubuh dan wajah ternyata berbeda, apalagi jika kamu ingin mengombinasikan pemakaian sunblock ini dengan make up.

Berikut adalah panduan cara memakai sunblock yang benar agar kulitmu benar-benar terlindungi dari sinar UVA dan UVB yang terkandung di dalam sinar matahari.

1. Di Wajah Tanpa Make Up

* sumber: www.tokyoweekender.com

Ingin wajah terlindungi dari paparan sinar UVA dan UVB? Yuk, aplikasikan sunblock di kulit wajah. Untuk melindungi wajah, kamu harus memilih sunblock yang memang diformulasikan untuk kulit wajah. Jangan sesekali menggunakan sunblock untuk kulit tubuh pada area wajah.

    Cuci muka terlebih dahulu dengan sabun wajah. Kamu pun bisa membersihkan wajah dari kotoran, keringat, dan sisa make up dengan menggunakan produk cleanser.

    Ambil sunblock sebanyak dua ruas jari, lalu aplikasikan secara merata ke seluruh bagian wajah, termasuk area leher.

    Diamkan sunblock selama 30 menit sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan.

Selalu gunakan sunblock minimal 30 menit sebelum kulitmu mulai terpapar sinar matahari. Berikan waktu agar sunblock meresap ke dalam kulitmu agar perlindungan yang diberikan jadi lebih maksimal.

2. Di Wajah dengan Kosmetik

* sumber: www.lorealparisusa.com