mediabangsa.com – Pada ajang Inno Day 2021 yang digelar pada Desember 2021 lalu, Oppo memperkenalkan chip terbarunya yang bernama MariSilicon X. Sebenarnya, apa itu MariSilicon X yang dipasang di HP Oppo terbaru?

Apa itu MariSilicon X

MariSilicon X merupakan chip kecerdasan buatan (Neural Processing Unit/NPU) pertama Oppo yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas foto dan video, terutama di kondisi malam hari, pada perangkat yang menggunakannya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, NPU yang dirancang dengan fabrikasi 6 nanometer (nm) ini dikombinasikan dengan Image Signal Processor (ISP) dan arsitektur multi-tier memory dalam satu chipset.

Kombinasi tersebut memungkinkan MariSilicon X mampu melakukan pemrosesan hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS) yang disertai efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt.

Dengan kata lain, Marisilicon X dapat menghasilkan kinerja cepat tanpa menguras daya baterai yang besar.

Ada pula algoritma artificial intelligence (AI) AI Noise Reduction yang diklaim mampu meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi bintik foto, bahkan hingga 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan chip NPU yang dipakai Oppo Find X3 Pro.

Di atas kertas, MariSilicon X dibekali dengan RAM berteknologi double data rate synchronous dynamic (DDRS) dengan tingkat maksimum transfer data alias bandwidth hingga 8,5 Gbps.

Dengan bandwidth sebesar itu, Oppo mengeklaim bahwa MariSilicon X dapat meminimalisasi delay, begitu juga mengurangi konsumsi daya yang disebabkan oleh siklus baca-tulis alias pemrosesan di dalam memori yang tidak diperlukan.

Hadir di Oppo Find X5 Pro dan Oppo Reno8 Series

Saat ini, MariSilicon X disematkan di ponsel flagship Oppo Find X5 Pro dan Oppo Reno8 Series. Pada Oppo Find X5 Pro, MariSilicon X dikombinasikan dengan beragam teknologi bikinan pabrikan kamera kenamaan asal Swedia, Hasselblad.

Dengan kerja sama tersebut, ponsel flagship teranyar Oppo ini mampu menghadirkan beragam fitur fotografi ciamik seperti Hasselblad Naturan Color Solutin (HNCS), Mode Xpan, hingga Filter Master Hasselblad untuk meningkatkan kualitas foto dan video.

Selain itu, kombinasi MariSilicon X dengan komponen ISP di Find X5 Pro juga memungkinkan ponsel untuk menangkap gambar dengan dynamic range hingga 20-bit 120db atau empat kali lebih tinggi dibanding Find X3 Pro.

Adapun ISP tersebut juga diklaim bisa memberikan rasio kontras 1.000.000:1 pada area gambar yang paling terang dan area yang tergelap.

Untuk kepentingan fotografi profesional, MariSilicon X juga mendukung fitur 4K AI Processing dan HDR 20-bit.

Dengan pemrosesan ini, ponsel yang disematkan NPU tersebut bisa memproses gambar RAW secara real-time dengan rasio signal-to-noise gambar sebesar 8 dB. Artinya, gambar yang diambil bakal memiliki kualitas yang sangat baik dan tidak berbintik.

Lebih lanjut, prosesor NPU juga bisa mengadopsi desain Dual Image Pipeline dan Double Raw Super Sampling.

Kombinasi kedua fitur ini diklaim mampu meningkatkan kinerja sensor RGBW perangkat Oppo untuk melakukan pemisahan ataupun perpaduan antara warna RGB dan Putih untuk menghasilkan rasio signal-to-noise sebesar 8.6 dB.

Secara bersamaan, hal ini juga bisa meningkatkan kualitas tekstur foto ataupun video hingga 1.7 kali lipat lebih bagus dibanding Find X3 Pro. Alhasil, menjadikan gambar yang diabadikan melalui kamera terlihat lebih realistis.

Mode malam yang lebih beragam

Di samping fitur-fitur itu, MariSilicon X di Oppo Find X5 Pro juga bisa menghadirkan mode malam alias Night Mode di beberapa mode kamera yang lebih mumpuni dari ponsel lainnya.

Beberapa di antaranya seperti 4K Ultra Night Video, Ultra Dark Video, serta Ultra Night Pro.

Fitur 4K Ultra Night Video membuat pengguna dapat merekam video pada malam hari dengan pemrosesan gambar yang jelas dan realistis tanpa membuat efek berlebih.

Selanjutnya, fitur Ultra Dark Video mampu menangkap detail video pada malam hari, bahkan dalam kondisi cahaya yang redup.

Sementara itu, Ultra Night Pro memungkinkan pengguna menangkap foto pada malam hari dengan detail dan pencahayaan yang ciamik.

Nah, untuk merasakan beragam pengalaman fotografi dan videografi mumpuni yang ditawarkan MariSilicon X, pengguna Tanah Air saat ini bisa membeli ponsel flagship Oppo Find X5 Pro yang dijual dengan harga Rp 15 juta.

MariSilicon X juga bakal hadir di ponsel Oppo Reno8 Series. Di Indonesia, ponsel tersebut rencananya bakal meluncur pada 3 Agustus 2022 mendatang. Kita tunggu saja.