mediabangsa.com

Lug nut alias baut roda merupakan komponen pada roda yang sering mendapat perhatian saat modifikasi mobil. Jika pelek dan ban standar sudah diganti dengan pelek racing, biasanya pemilik mobil juga mengganti lug nut mobil aftermarket.

Di toko-toko aksesori mobil, banyak sekali ditawarkan lug nut mobil aftermarket untuk menunjang penampilan mobil Anda. Semua terbagi dalam jenis bahan dan warnanya. Tinggal disesuaikan saja dengan pelek mobil Anda.

1. Bahan

Lug nut bahan duralumin paling kuat

Pada toko aksesori mobil, lug nut aftermarket biasanya terbagi dalam beberapa jenis bahan. Ada yang hanya besi biasa kemudian disepuh krom, stainless, aluminium, atau duralumin. Tentunya bahan yang terakhir adalah yang paling kuat tapi juga cukup ringan, namun harganya sangatlah mahal.

2. Ukuran

Ukuran harus rata dengan bibir pelek

Saat memilih lug nut mobil aftermarket, sebaiknya perhatikan ukuran baut roda. Pastikan ukurannya sama dengan baut standar mobil. Perhatikan pula panjang lug nut dengan pelek mobil Anda. Sebaiknya panjang lug nut tidak lebih dari bibir pelek demi keselamatan berkendara. Jangan lupa untuk siapkan 2-3 lug nut cadangan, kalau-kalau selama pemakaian ada lug nut yang rusak sehingga Anda memiliki gantinya.

3. Warna

Sesuaikan warna lug nut dengan pelek

Tentu saja, lug nut mobil aftermarket ditawarkan dengan warna yang beragam. Namun sebaiknya cocokkan dengan warna pelek mobil Anda yang sudah diganti. Memilih lug nut warna basic seperti hitam, biru, atau hijau, tentu akan mudah saat dicocokkan dengan warna pelek apapun ketimbang warna candy seperti merah muda, ungu, atau kuning.