mediabangsa.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/27/f8286LtF/img20190526191540-7d31.jpg”>

Terhubungnya Jakarta hingga Surabaya dengan jalan Tol Trans Jawa mempersingkat waktu tempuh bagi pengendara. Yang sebelum-sebelumnya butuh waktu kurang lebih sehari semalam non stop kini bisa ditempuh dalam waktu yang lebih singkat. Namun ada yang harus diperhatikan, dengan jarak 741 km dan bisa ditempuh kurang dari 10 jam pengedara ‘wajib’ beristirahat untuk menghilangkan rasa lelah, ngantuk dan sekadar memenuhi panggilan alam.

Nah, bagi Anda yang melewati ruas Tol Semarang-Solo ada baiknya Anda singgah di rest area KM 429A yang terletak sebelum persimpangan jalur keluar kota Ungaran. Rest area ini adalah salah satu yang terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah. Tempat parkirnya luas bisa menampung hingga seratusan mobil, fasilitasnya juga sangat lengkap.

Terluas dan terlengkap di Jawa Tengah

Dari pantauan Cintamobil.com langsung di lokasi, rest area ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penting dan sangat dibutuhkan. Di sini tersedia SPBU dengan jenis bahan bakar lengkap mulai dari Premium, Pertalite, Pertamax hingga Pertamax Turbo. Ada juga pengisian Nitrogen untuk melayani kendaraan yang membutuhkan tambah angin Nitrogen atau isi baru.

Untuk fasilitas makan dan minum, ada banyak sekali stan makanan baik yang dikelola UKM hingga restoran cepat saji. Selain beragam kuliner khas Semarang Anda juga bisa menikmati menu masakan daerah lain. Anda tinggal memilih mana yang paling Anda suka. Sebagai buah tangan Anda bisa membeli oleh-oleh yang beraneka ragam di rest area ini baik di stan penjualan UKM maupun di minimarket. Bagi anda penggemar kopi, ada gerai Starbuck yang juga siap melayani selama 24 jam.

Pemandangan rest area pada saat siang hari

Bagi yang membutuhkan uang tunai dan uang elektronik, di rest area KM 429A juga tersedia ATM Center serta fasilitas pengisian saldo e-toll.

Yang tak kalah penting untuk fasilitas ibadah umat muslim ada masjid berukuran besar dengan kubah warna merah hati lengkap dengan sarana pendukung seperti tempat wudhu, kamar mandi dan toilet yang jumlahnya cukup banyak dan tersebar. Di masjid ini juga difungsikan sebagai tempat istirahat bagi pengguna jalan tol yang kelelahan dan butuh merebahkan tubuh.

Rest Area KM 429A terus hidup selama 24 jam penuh

Satu lagi yang menurut cukup menarik di rest area KM 429A ini menurut pantauan kami adalah adanya spot untuk selfie di lokasi yang sangat tinggi bagai di puncak bukit. Dari sini pengunjung bisa melihat pemandangan seluruh lokasi rest area dengan jelas tanpa terhalang apapun, serta pemandangan jalan tol dengan area persawahan di kanan kirinya. Menakjubkan!

Menurut sumber yang enggan disebut namanya, rest area ini selalu ramai disinggahi pengguna jalan tol dalam 24 jam. Di momen-momen tertentu bahkan pengunjungnya sangat padat hingga menghabiskan seluruh area parkir.

Disarankan di musim mudik lebaran, meski pengguna tol jangan terlalu bergantung penuh pada rest area ini, antisipasi jika terjadi kepadatan yang luar biasa. Sebaiknya pengguna tol mampir di rest area mana saja jika memang sudah waktunya mampir, seperti di rest area KM 391A yang berjarak beberapa kilometer dari persimpangan pintu keluar Weleri Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Rest Area KM 391A Tol Trans Jawa Ruas Semarang Batang

Fasilitas Rest Area KM 391A

Rest area ini belum selesai 100% dan masih dalam tahap pembangunan. Menurut salah satu petugas yang berjaga, rest area KM 391A sudah dioperasikan sejak liburan Natal 2018 dan Tahun baru 2019. Fasilitas yang sudah tersedia permanen saat ini (Mei 2019) baru sekedar restoran, ATM dan minimarket.

Sebagian fasilitas di rest area KM 391A Tol Trans Jawa Ruas Semarang Batang masih semi permanen

Sedangkan untuk fasilitas lain juga sudah ada namun bersifat portable seperti toilet dan musholla yang dibuat menggunakan boks kontainer, Kios SPBU dengan satu unit mobil tangki yang selalu stanby juga gerai makanan cepat saji yang terbuat dari boks kontainer.