mediabangsa.com

Beberapa pengguna mobil kerap mengeluh ada satu dari keempat ban kendaraannya yang mengalami benjolan. Ya benjolan, seperti layaknya manusia jika bagian kepalanya beradu dengan benda tumpul, maka sebagian permukaan kulit pada kepala tersebut akan membengkak yang sering disebut benjol.

Tetapi ban mobil benjol bukan karena bengkak, namun ada hal lain. Bahkan terkadang hal itu tidak disadari disebabkan oleh si pemilik mobil itu sendiri. Apa saja penyebab ban benjol? Berikut penjelasannya:

1. Tekanan Angin Ban

Selalu jaga tekanan angin ban sesuai standar pabrikan

Tanpa Anda sadari, tekanan angin ban yang tidak sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan mobil akan membuat ban benjol. Bisa karena ban kurang tekanan angin, sementara mobil Anda membawa beban berat. Atau bisa juga karena ban menggunakan tekanan angin yang berlebih.

Tekanan ban yang tidak merata inilah yang bisa membuat sebagian permukaan ban menonjol. Hal ini bisa terjadi apabila kondisi ban terutama bagian dindingnya sudah tidak mampu menahan tekanan angin yang tidak sebanding dengan beban pada kendaraan.

2. Jalan Berlubang

Sebaiknya kurangi kecepatan saat melintas di jalan berlubang

Jika Anda kerap melintas di jalan berlubang juga bisa jadi penyebab ban benjol. Saat Anda menghajar lubang, maka yang pertama kali yang akan terjadi adalah ban terjepit antara pelek dan permukaan jalan yang rusak tadi.

Bayangkan jika Anda menghajar lubang dengan kecepatan tinggi, maka jepitan ban ke pelek akan lebih keras yang pada akhirnya merusak kawat bagian sisi ban. Inilah yang kemudian membuat ban mobil benjol.

Untuk mencegah ban mobil benjol, sebaiknya selalu lakukan merawat ban mobil, misalnya dengan mengecek tekanan angin ban sebelum berkendara, dan usahakan untuk menurunkan kecepatan saat akan melintasi jalan berlubang.