mediabangsa.com – Ikan merupakan protein hewani yang mengandung banyak nutrisi sehingga memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis ikan kaya gizi yang populer ialah ikan salmon.

Siapa saja diperbolehkan mengonsumsi ikan salmon, termasuk ibu menyusui. Hal ini karena nutrisi dalam ikan salmon bisa memberikan gizi yang cukup selama proses tumbuh kembang bayi.

Ikan salmon juga diperkaya dengan nutrisi lain yang mampu menjaga kesehatan ibu menyusui, lho.

Yuk, simak lebih lanjut manfaat ikan salmon bayi ibu menyusui yang telah rangkum dari berbagai sumber.

1. Mencegah depresi pascapersalinan

Mama yang baru melahirkan, mungkin akan cukup sulit untuk beradaptasi dengan segala rutinitas baru sebagai seorang ibu. Tidak heran apabila banyak ibu baru yang mengalami depresi pascapersalinan atau baby blues.

Namun dengan konsumsi ikan salmon, kondisi ini dapat diminimalisir, lho. Pasalnya, ikan salmon mengandung B12 dan omega-3 yang dapat mencegah gejala komplikasi kesehatan mental selama atau setelah kehamilan.

Mama bisa mengonsumsi ikan salmon secara rutin agar tidak mengalami baby blues sehingga peran sebagai ibu baru bisa dijalani dengan lebih menyenangkan.

2. Bantu tumbuh kembang bayi

Manfaat salmon bagi ibu menyusui juga bisa dirasakan oleh bayi yang sedang disusuinya. Sebab, nutrisi dari setiap asupan yang dikonsumsi bisa turut disalurkan kepada tubuh bayi melalui ASI.

Bagi bayi, ikan salmon yang dikonsumsi sang ibu bisa membantu proses tumbuh kembang mereka secara optimal. Tak tanggung-tanggung, ada beragam nutrisi yang bisa mendukung pertumbuhan si Kecil, Ma.

Ikan salmon diperkaya dengan asam lemak omega-3 untuk mendukung perkembangan otak bayi. Selain itu, ikan salmon mengandung DHA yang penting untuk perkembangan mata bayi.

Editors’ Picks

3. Meningkatkan produksi ASI

Manfaat ikan salmon bagi ibu menyusui selanjutnya ialah dapat membantu Mama dalam meningkatkan produksi ASI. Jadi, si Kecil bisa memeroleh nutrisi yang cukup selama masa menyusui.

Kandungan protein serta kalsium yang terdapat dalam ikan salmon bisa membantu tubuh untuk memperlancar produksi ASI. Ini bisa menjadikan ikan salmon sebagai makanan bergizi tinggi yang baik bagi ibu menyusui.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan pelancar ASI lainnya, ya, Ma. Dengan begitu, produksi ASI bisa mencukupi kebutuhan bayi selama proses tumbuh kembangnya.

4. Memperkuat tulang dan cegah osteoporosis

Manfaat ikan salmon bagi ibu menyusui berikutnya ialah bisa membantu Mama untuk perkuat tulang sehingga terhindar dari osteoporosis.

Pasalnya, ikan salmon mengandung trace mineral selenium, yang membantu melindungi tulang dari kerusakan atau pengeroposan.

Kandungan selenium pada ikan salmon juga bisa menurunkan antibodi tiroid pada orang dengan penyakit tiroid autoimun. Bahkan berpotensi mengurangi risiko jenis kanker tertentu, Ma.

5. Meminimalisir penyakit kardiovaskular

Tidak hanya sampai di situ, ikan salmon juga bisa membantu Mama untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Sebab, ikan salmon diperkaya dengan asam lemak omega-3 dan omega-6.

Asam lemak ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi respons peradangan, mencegah trombosit menggumpal, mengurangi risiko trombosis, dan aritmia.

Ikan salmon juga mengandung kalium membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah retensi cairan berlebih. Dengan demikian, ikan salmon yang dikonsumsi secara teratur dapat secara signifikan mengurangi kondisi medis yang berhubungan dengan jantung, termasuk serangan jantung, stroke, aritmia, tekanan darah tinggi, dan trigliserida tinggi.

6. Baik untuk kekebalan tubuh

Ikan salmon yang diperkaya dengan berbagai nutrisi juga baik untuk sistem imun sehingga Mama tidak mudah terserang penyakit.

Salmon mengandung antioksidan yang disebut astaxanthin sehingga memiliki efek anti-oksidan dan anti-inflamasi jika Mama konsumsi. Antioksidan dalam ikan salmon juga mendukung fungsi sel sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Dengan kondisi fisik yang cukup kuat, Mama pun bisa mengurus si Kecil lebih baik. Jadi, mulailah konsumsi ikan salmon untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Ma.

7. Bantu manajemen berat badan

Ibu baru usai melahirkan biasanya memiliki masalah dengan berat badan. Nah, ikan salmon bisa membantu Mama untuk manajemen berat badan.

Hal ini karena ikan salmon memiliki kandungan protein yang tinggi. Dengan begitu, hormon dalam tubuh bisa membantu Mama dalam mengontrol nafsu makan dan membuat perasaan kenyang yang lebih lama.

Konsumsi makanana berprotein tinggi seperti ikan salmon juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika Mama memiliki sistem metabolisme tinggi, akan semakin banyak kalori yang dibakar. Jadi, tidak terjadi penumpukan kalori yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain menjaga pola makan, penting juga bagi Mama untuk menjalani pola hidup aktif. Proses manajemen berat badan tentu akan jauh lebih mudah dilakukan ketika Mama rutin berolahraga.

Itu dia sederet manfaat ikan salmon bagi ibu menyusui. Semoga bermanfaat, Ma.