mediabangsa.com

KOMPAS.com – Selain tempat wisata, museum menjadi tempat untuk mengetahui lebih jauh soal berbagai hal, mulai dari peristiwa penting pada masa lampau hingga tubuh manusia.

Terdapat sejumlah museum di dunia dengan koleksi yang tak biasa, di antaranya instrumen penyiksaan zaman dahulu, tengkorak manusia, dan batu nisan.

Berikut daftar museum dengan koleksi unik dan menyeramkan untuk diketahui:

Museum dengan koleksi unik dan menyeramkan di dunia

1. Yokai Art Museum

Berlokasi di Prefektur Kagawa, Jepang, Yokai Art Museum mengajak pengunjungnya untuk bertanya apakah yokai sesungguhnya ada atau manusia yang tidak bisa melihatnya.

Dilansir dari , Jumat (17/6/2022), yokai adalah entitas atau makhluk mitologi yang ada dalam cerita rakyat Jepang. Bentuknya pun beragam, ada yang unik, tapi ada juga yang menyeramkan.

Di museum ini, pengunjung dapat mengetahui lebih jauh soal yokai dan perannya dalam kehidupan masyarakat Negeri Sakura. Harga tiket masuknya mulai 2.900 yen atau sekitar Rp 305.907.

2. Mutter Museum

Mutter Museum di Pennsylvania, Amerika Serikat, menawarkan aneka koleksi yang berhubungan dengan dunia medis. Hal ini termasuk anatomi tubuh manusia yang diawetkan.

Museum ini dinilai sebagai museum medis terbaik di Amerika Serikat, dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (19/5/2022). Namun, ada beberapa koleksinya yang dinilai menyeramkan oleh pengunjung, antara lain potongan otak manusia yang diawetkan dan tengkorak manusia.

Harga tiket masuknya mulai 20 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 311.146 untuk pengunjung dewasa.

3. Museum of Witchcraft and Magic

Wisatawan yang tertarik akan dunia sihir, termasuk aneka pernak-perniknya, bisa datang ke Museum of Witchcraft and Magic di Cornwall, Inggris.

Benda-benda yang bisa dijumpai di museum ini, di antaranya jimat penyihir, artefak penyihir, dan tengkorak, dikutip dari Kompas.com, Kamis.

Harga tiket masuknya mulai dari 7 pound sterling atau sekitar Rp 126.472.

4. Hell’s Museum

Hell’s Museum atau Museum Neraka berada di kawasan taman budaya dan galeri seni luar ruangan Haw Par Villa, Singapura. Harga tiket masuknya mulai 18 dollar Singapura atau sekitar Rp 197.751 bagi pengunjung dewasa.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (10/6/2022), Hell’s Museum yang seluas 3.800 meter persegi ini bertujuan memberikan pemahaman lebih soal kematian dari berbagai kepercayaan di dunia.

Pengunjung bisa menjumpai aneka karya tentang dosa, hukuman di akhirat, dan kehidupan setelah kematian. Salah satu karya yang populer adalah 10 Courts of Hell atau 10 Pengadilan Neraka.

5. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti dulunya dikenal sebagai pemakaman Kebon Jahe Kober, dan ditujukan bagi orang-orang Belanda dan Inggris. Meski jenazahnya sudah dipindahkan, namun batu nisan mereka masih berada di lahan seluas kira-kira satu hektar ini.

Pengunjung tidak hanya bisa mengagumi aneka ragam batu nisan beserta patung-patungnya, tapi juga mengetahui kisah di baliknya.

Beberapa tokoh penting yang dulunya dimakamkan di lahan ini adalah Dr HF Roll (pendiri STOVIA atau Sekolah Kedokteran zaman Belanda), Olivia Marianne Raffles (istri Thomas Stamford Raffles), dan Soe Hok Gie, dilansir dari , Sabtu (28/2/2009).

Lokasinya di Jalan Tanah Abang I Nomor 1, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 5.000.

6. Medieval Torture Museum

Medieval Torture Museum atau Museum Penyiksaan Abad Pertengahan memiliki koleksi yang bisa dibilang ekstrem, yakni instrumen penyiksaan pada zaman dahulu.

Bentuknya pun bermacam-macam, ditambah dengan patung guna memperagakan bagaimana instrumen tersebut digunakan pada waktu itu. Salah satunya adalah cambuk.

Museum ini berlokasi di St. Augustine, Florida, dan Chicago, Illinois. Harga tiket masuknya mulai 19.99 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 310.990 dengan berbagai paket tur.