mediabangsa.com – Teknologi memang sudah sangat maju dan berkembang pesat yang membuat mobilitas semakin tinggi serta transaksi menjadi semakin mudah. Namun, hal ini juga menjadi peluang bagi para penipu untuk meraup keuntungan besar dengan memanfaatkan kelalaian pembeli. Mulai dari pemalsuan surat-surat hingga pemalsuan keberadaan mobil pun dilakukan agar mendapatkan uang. Nah, kesalahan cara membeli mobil yang aman apa saja sih yang harus kita hindari agar tidak tertipu saat membeli mobil secara online. Yuk baca 5 hal yang harus dihindari di bawah ini.

Mudah Percaya Dengan Pembeli

Peraturan penting dan menjadi nomor satu di dalam jual beli online adalah tidak mudah percaya dengan para penjual. Selalu periksa latar belakang setiap penjual sebelum melakukan transaksi, hal ini akan menyelamatkan Anda dari kerugian besar akibat penipuan. Memeriksa latar belakang mereka bisa dimulai dari akun social media, reputasi secara pribadi atau reputasi secara toko online milik si penjual. Bila Anda lalai dalam hal ini maka harus bersiap kehilangan ratusan juta karena keteledoran diri sendiri. Maka dari itu hal ini menjadi salah satu cara membeli mobil yang aman.

Tidak Menanyakan Referensi Penjual yang Terpercaya

Sebagai calon pembeli, ada baiknya melakukan riset kecil-kecilan untuk mencari tahu penjual mana saja yang sangat direkomendasi. Riset ini bisa dilakukan dengan bertanya pada teman dekat, orang yang pernah melakukan transaksi atau anggota komunitas mobil yang sudah hafal betul penjual mana saja yang direkomendasikan dan tidak. Dengan terkumpulnya beberapa fakta kuat tentang si penjual, Anda akan semakin tenang ketika melakukan transaksi tersebut.

Tidak Menggunakan RekBer (Rekening Bersama)

Sistem rekber adalah menggunakan rekening yang dirujuk sebagai penengah antara penjual dan pembeli agar kedua belah pihak merasa aman serta bertujuan untuk menurunkan persentase penipuan. Sistem pembayaran ini sudah menjadi cara aman dan diterapkan di banyak di situs jual beli mobil online seperti Momobil.id. Toko atau situs jual beli online yang benar-benar memiliki tujuan untuk menjadi wadah transaksi jual beli mobil pasti akan terus berbenah diri dan terus memberikan jaminan keamanan hingga kepuasan bagi para konsumennya. Untuk itu, carilah toko atau situs jual beli online yang menyediakan jasa pembayaran via rekening bersama.

Lupa Mengecek Kondisi Mobil

Kondisi mobil adalah salah satu faktor penting untuk menentukan harga sebuah mobil layak dijual berapa. Jangan lupa untuk mengecek kondisi mobil mulai dari parts-parts, originalitas parts mobil hingga aksesorisnya sebagai salah satu  cara membeli mobil yang aman. Jangan sampai tertipu akan janji penjual yang menjamin semua onderdil dan aksesoris mobil tersebut adalah barang original sebelum Anda mengeceknya secara langsung. Bila ragu, ajaklah teman Anda yang paham tentang hal ini untuk berjaga-jaga.

Tidak Mencari Tahu Riwayat Mobil

Selain kondisi mobil seperti onderdil dan aksesoris, riwayat mobil perlu untuk dicari tahu dan dipelajari. Cek KM mobil tersebut dan tanyakan apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Kondisi mobil yang pernah mengalami kecelakaan tidak akan seprima kondisi sebelum mengalami kecelakaan dan secara otomatis harga mobil tersebut seharusnya lebih rendah dibandingkan kondisi mobil second lainnya.

5 hal di atas merupakan garis besar cara membeli mobil yang aman dan harus diperhatikan ketika ingin berbelanja secara online, khususnya mobil. Mencari penjual dengan rekomendasi bagus tidaklah sulit, hanya saja diperlukan orang yang tepat untuk ditanya. Toko jual beli mobil online seperti Momobil.id adalah tempat yang tepat untuk membeli mobil secara online. Pembeli akan benar-benar dilindungi dari penipuan dengan beberapa tahap transaksi di dalamnya. Bila Anda ragu untuk mendatangi langsung seorang penjual mobil, kunjungi saja Momobil.id yang memiliki jaminan keamanan transaksi dan kenyamanan membeli.