mediabangsa.com – Penyakit gagal ginjal akut progresif atipikal pada anak membuat banyak orang tua waspada. Terlebih ada kemungkinan penyakit yang baru ditemukan di Indonesia pada Januari 2022 ini, terjadi karena keracunan zat Eliten Glikol (EG) atau Dietilen Glikol (DEG).

Kondisi akut sendiri adalah kondisi yang terjadi secara tiba-tiba atau mendadak. Namun, kondisi ini umumnya bersifat reversible atau kembali ke kondisi yang normal.

Sementara itu, gangguan ginjal sendiri diartikan sebagai gangguan fungsi dari organ ginjal, Bunda. Saat ini terjadi, ada berbagai fungsi yang dijalankan oleh ginjal yang ajan terganggu.

Fungsi ginjal pada tubuh

Divisi Nefrologi KSM Kesehatan Anak RSUP Fatmawati, Dr. dr. Bobby Setiadi Dharmawan, Sp.A menjelaskan, ada beberapa fungsi yang dijalankan oleh ginjal, Bunda. Berikut deretannya:

1. Fungsi pengaturan pembuangan cairan

Salah satu fungsi ginjal yang terpenting adalah mengatur pembuangan cairan di dalam tubuh. Bobby menjelaskan, ketika terjadi gangguan, maka pengeluaran urine baik frekuensi dan jumlahnya akan bermasalah.

“Jadi jika nanti terjadi gangguan kondisi berkemih, maka akan terjadi gangguan pengeluaran berkemih baik frekuensi maupun jumlahnya. Dan lama-kelamaan terdapat penumpukan cairan dan anaknya menjadi bengkak,” katanya dalam wawancara eksklusif bersama HaiBunda belum lama ini.

2. Fungsi pembuangan racun

Ginjal berfungsi sebagai pembuangan racun dari metabolisme protein, Bunda. Ketika fungsi ini terganggu, maka ureum dan kreatinin akan meningkat dan menimbulkan kondisi yang berbahaya.

“Ini yang sangat penting bahwa makanan yang kita makan setelah dimetabolisme proteinnya akan menjadi suatu ureum dan kreatinin dan ini berupa racun,” kata Bobby.

“Ini adalah fungsi ginjal untuk membuang ureum kreatinin melalui urine. Bila terjadi gangguan ginjal, maka terjadi peningkatan ureum dan kreatinin ini dan merupakan kondisi yang sangat berbahaya,” lanjut dia.

3. Pengaturan tekanan darah

Tekanan darah juga diatur oleh organ ginjal, Bunda. Ketika terjadi gangguan untuk mengatur darah, seseorang bisa mengalami tekanan darah yang tinggi atau hipertensi.

“Fungsi ginjal yang lain adalah pengaturan tekanan darah. Kalau terjadi gangguan fungsi ginjal untuk pengaturan tekanan darah ini, maka pasien akan menderita tekanan darah yang tinggi atau hipertensi,” ucap Bobby.

4. Pengaturan keseimbangan elektrolit dan asam basa

Ginjal merupakan organ yang mengatur keseimbangan elektrolit dan asam basa di dalam tubuh. Ketika fungsi ini mengalami gangguan, seseorang akan mengalami perubahan pH darah.

“Fungsi ginjal yang lain adalah pengaturan kondisi keseimbangan elektrolit dan asam basa. Kalau terjadi gangguan dari fungsi ini, maka pasien akan mengalami gangguan keseimbangan asam basa di mana darah yang tadinya dalam pH normal bisa menjadi asam atau basa,” jelas Bobby.

5. Pengaturan hormon

Bobby mengatakan, ginjal adalah organ yang berfungsi untuk mengatur hormon dalam tubuh, Bunda. Misalnya saja pembentukan darah dan vitamin D.

“Ginjal berfungsi untuk membuat suatu hormon. Salah satunya bisa hormon untuk pembentukan darah maupun vitamin D. Bila terjadi gangguan pada fungsi ginjal ini secara kronis, maka terjadilah gangguan dari pembentukan hormon ini,” tuturnya.

Lantas, bagaimana gejala anak mengalami keracunan zat Etilen Glikol yang terkandung dalam obat-obatan cair ya, Bunda? Simak penjelasannya di laman berikut, yuk!

Kandungan Etilen Glikol yang melebihi batas aman tak hanya berbahaya bagi ginjal, Bunda. Lantas, seperti apa gejala anak keracunan EG? Simak selengkapnya di laman berikutnya, ya!

    20 Dongeng Sebelum Tidur Penuh Makna dan Mendidik

    Kata Dokter soal Risiko Anak Membawa Tas Berat ke Sekolah, Perhatikan Ini Bun

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tanda-tanda anak mengalami gangguan ginjal akut berikut ini: