mediabangsa.com – Bayi Lucu/ Foto: Shutterstock

Dream – Kulit pada bayi cenderung sangat sensitif dan sangat mudah iritasi. Saat terpapar udara dingin atau panas, bisa memerah, bahkan bersisik. Masalah pada kulit bayi ini biasanya mudah dikenali.

Kulit tampak merah, menebal, bahkan berdarah, terutama di bagian wajah. Hal ini lantaran wajah bayi seringkali dipegang diciumi. Kulit bayi, terkena debu dan keringat saja bisa bermasalah.

Penting bagi orangtua untuk memastikan kondisi tangan dan seluruh tubuh bersih saat memegang bayi, terutama bayi baru lahir. Waspadai juga beberapa masalah kulit yang sering terjadi di wajah bayi.

Eksim (Dermatitis Atopik)Pipi kemerahan bisa lucu, tetapi juga merupakan tanda eksim atau dermatitis atopik, salah satu kondisi kulit paling umum pada bayi. Bayi dengan eksim karena kulitnya cenderung kesulitan menjaga kelembapan. Efeknya menjadi kering, gatal, dan pecah-pecah hingga iritasi parah.

Sebanyak 65 persen pasien bayi mengalami gejala pada tahun pertama kehidupan dan 90 persen muncul gejala sebelum usia 5 tahun. Pemicu eksim ini antara lain bahan wol, panas, atau bahan kimia dalam sabun, wewangian, pelembap, dan deterjen. Waspadai tanda-tanda alergi musiman, asma, atau gejala karena konsumsi makanan tertentu.

Jerawat

Bukan hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami jerawat. Jerawat pada bayi ini kerap muncul pada bayi yang baru lahir, tapi jangan khawatir karena jerawat tersebut akan hilang dengan sendirinya.

© Shutterstock

” Jerawat neonatus umumnya sembuh dengan sendirinya dalam waktu tiga bulan. Untuk sementara, buat nyaman kulit si kecil dengan pembersih ringan dan gunakan pelembap non-komedogenik yang bebas pewangi untuk melembabkan kulit bayi,” kata Britt Craiglow, M.D., seorang dokter kulit.

Milia

Merupakan kista kecil seperti mutiara putih dan dapat muncul di dahi, hidung, pipi, atau dagu. Milia sering terlihat saat lahir dan terjadi pada hingga 40 persen bayi baru lahir.

© Shutterstock

” Hindari untuk memencetnya karena malah bisa menyebabkan iritasi parah. Penyebabnya tidak diketahui secara jelas, tapi dalam hitungan minggu milia pada bayi baru lahir akan hilang dengan sendirinya,” ujar Craiglow.

Sumber: Parents

Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget

Dream – Menjadi orangtua baru dan mengurus bayi mungil seringkali menimbulkan rasa bingung dan terkejut. Bayi bisa mengalami hal-hal yang mungkin dianggap aneh, padahal sebenarnya cukup normal.

Biasanya, karena orangtua tidak pernah melihat atau mengalaminya langsung pada anak. Bila Sahabat Dream mendapat si kecil yang baru lahir mengalami hal berikut, jangan kaget karena ternyata hal normal.

© MEN

1. Bentuk Kepala Sedikit KerucutTulang tengkorak di kepala bayi yang baru lahir tidak menyatu. Hal ini untuk memudahkan pergerakan yang lebih baik saat proses persalinan. Bayi harus melewati jalan lahir selama persalinan normal, dengan kepala terlebih dahulu. Ketika ini terjadi, banyak tekanan diberikan pada kepala bayi saat melewati jalan lahir.

Selama proses ini, kepala bayi sangat mungkin menjadi sedikit berbentuk kerucut. Memang terlihat aneh, tapi sebenarnya kepala bayi akan kembali normal dalam waktu satu atau dua minggu.

2. Bayi sudah punya gigi

Beberapa bayi lahir dengan sudah memiliki gigi dan tak perlu panik jika si kecil memilikinya. Gigi ini biasanya berubah warna dan lunak, serta tidak melekat kuat pada gusinya.

Gigi ini umumnya goyah dan cenderung copot setelah beberapa bulan. Awasi bayi ketika gigi sudah copot, karena bisa menjadi bahaya tersedak. Bila memang mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi anak.

3. Rambut di sepanjang punggungKita sering menemukan bayi yang memiliki rambut di sepanjang leher, bahu, dan punggung. Rambut ini bahkan memiliki nama sendiri yaitu Ia bahkan memiliki istilah — lanugo. Bayi memiliki rambut di dalam rahim, dan berfungsi sebagai perlindungan bagi kulit mereka. Rambut tersebut membantu mengatur suhu tubuh. Semua rambut tersebut di bagian punggung dan leher cenderung rontok dalam beberapa minggu.

Sumber: MomJunction