mediabangsa.com – Inilah Daftar Tempat Wisata Favorit di Indramayu, Jawa Barat. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Indramayu memiliki sebutan sebagai kota Mangga. Bukan tanpa alasan tetapi daerah ini memang terkenal sebagai daerah penghasil mangga Cengkir yang memiliki rasa manis dan daging mangga yang lezat.

Berada di wilayah Jawa Barat, Indramayu juga menawarkan berbagai tempat wisata yang indah sebagai alternatif liburan baik untuk warga sekitar ataupun dari wisatawan luar Jawa Barat. Wisata alam ataupun buatan, masing-masing memiliki ciri khas dan keindahan sendiri-sendiri.

1. Waterboom Bojongsari

Wisata air ini direkomendasikan bagi Anda yang sedang mencari tempat liburan untuk keluarga. Ukuran wisata kolam air ini cukup luas dan populer di kalangan wisatawan dalam negeri. Waterboom dirancang dengan konsep Water Base Theme Park, dimana destinasinya berbasis wisata air. Selain itu ada area taman yang bernuansa alami, secara keseluruhan mirip waterboom di Bali.

Ada banyak atraksi air yang bisa Anda nikmati bersama buah hati atau teman-teman. Paling menantang ialah perosotan dengan tinggi sekitar 5 meter. Anda akan merasakan serunya sensasi meluncur sembari berteriak kencang. Selain permainan air, pengunjung bisa mencoba keseruan bermain mini car, trampoline, hingga ATV yang tersedia.

2. Wisata Pohon Randu Gede

Sebagai tempat wisata yang menarik dan unik, Wisata Pohon Randu Gede memiliki cerita tersendiri. Konon taman wisata yang satu ini merupakan pohon mistis yang seringkali dijadikan sebagai spot gambar yang kekinian. Karena pohon randu gede sudah ada sejak ribuan tahun lalu dengan ketinggian sekitar 100 meter dan diameter sekitar 20 meter.

Bagi siapa saja yang sudah melihat Tempat Wisata di Indramayu ini, mereka sering takjub dengan adanya ranting pohon yang tidak pernah jatuh menyimpan rumah masyarakat meskipun berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan pohon kelapa. Wisata ini berada di Margadadi, Kecamatan Indramayu. Pengunjung tak hanya mendapat spot yang bagus tetapi juga pemandangan di sekitarnya memanjakan mata.

3. Pantai Lemah Abang

Destinasi alam ini selalu ramai setiap akhir pekan dan musim liburan. Lokasinya yang tak jauh dari jantung kota sehingga mudah bagi wisatawan menemukannya. Di sisi lain pesona alam Pantai Lemah Abang memang tidak bisa ditolak keindahannya. Anda akan menemukan keunikan wisata ini, yaitu bibir pantai yang diselimuti oleh batuan penahan ombak.

Tepi pantainya memang tidak terlalu luas, tapi warna pasir kemerahan menjadi daya tarik tersendiri. Ketika sinar matahari sedang terik maka tanah merahnya akan semakin tampak. Jangan lupa mengabadikan momen sunset dalam bidikan kamera. Menurut pengunjung yang pernah kesini, waktu senja di objek wisata ini begitu memesona.

4. Jembatan Terusan Indramayu

Masih seputar tempat wisata yang cocok bagi para pemburu spot foto. Namanya adalah jembatan terusan Indramayu yang merupakan ikon terbaru. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 153 meter. Meski terbilang baru dibangun tetapi jembatan ini juga menjelma sebagai salah satu tempat favorit yang ada di daerah setempat.

Jembatan terusan Indramayu memiliki warna cerah dan disukai oleh banyak pemuda kemudian dijadikan tempat tongkrongan. Tetapi harus tetap hati-hati, ya! Jembatan terusan Indramayu ini berada di Sindang. Sangat dihimbau untuk tidak nongkrong atau mengambil foto ketika kendaraan berlalu lalang dan dalam kondisi ramai.

5. Taman Rusa Bumi Patra

Banyak wisatawan yang belum tahu kehadiran Taman Rusa Bumi Patra. Hal ini karena lokasinya yang masuk ke dalam Komplek Perumahan Pertamina BP. Akses keamanan yang ketat membuat masyarakat berpikir dua kali untuk berkunjung. Namun belakangan pemerintah setempat sudah bebas akses dan gratis tiket masuk, tapi wajib lapor tamu ke pihak keamanan.

Penangkaran alami ini dibuka secara resmi sejak tahun 2017, kemudian menjadi wahana edukasi fauna yang menarik. Bisa dikatakan bahwa wisata ini adalah penangkaran semi alami, karena masih tersedia kebutuhan habitat secara alami. Anda dapat menemukan rumput-rumput hijau yang segar, pohon-pohon tinggi, hingga gerombolan rusa yang bebas berkeliaran.

6. Science Center Mutiara Bangsa

Kalau musim liburan sudah tiba, tak ada salahnya berkunjung ke tempat wisata ini. Science Center Mutiara Bangsa merupakan wahana baru di Kota Indramayu yang dibuka sejak bulan Oktober 2017. Destinasi ini merupakan taman bermain yang dirancang serta didirikan khusus dengan adanya program edukasi untuk anak-anak.

Ada 48 wahana yang dilengkapi dengan adanya IPTEk serta menjadi pusat edukasi terbesar di tanah air yang bagus untuk mereka. Science Center Mutiara Bangsa berada di Komplek Waduk Bojongsari, Sindang, Bojongsari. Buka tiap hari meskipun hari Minggu.

7. Pantai Tirtamaya

Untuk menuju ke lokasi wisata Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat kota. Sekitar tahun 90an pernah terjadi abrasi besar yang merusak lahan pertanian. Kemudian kawasan pesisir dirombak total, bahkan pemerintah setempat pernah mengadakan PON ke-X disini. Hingga semakin hari jumlah wisatawan kian bertambah dan populer di kalangan traveler.

Begitu tiba di Pantai Tirtamaya Anda langsung disambut angin sepoi-sepoi yang sejuk. Ombaknya cukup besar hingga terdengar bergemuruh, tapi masih tergolong aman untuk berenang dan bermain air. Fasilitas di wisata ini cukup lengkap seperti toilet, mushola, hingga tempat sewa pelampung. Ada pula deretan warung di pinggir pantai yang menjajakan kuliner lezat.

8. Pulau Biawak Indramayu

Meski terdengar mengerikan, tetapi tempat wisata ini recommended untuk dikunjungi. Pulau ini tidak hanya menampilkan pesona dan keindahan pantai saja tetapi juga adanya sejarah yang menarik untuk dikulik. Ada sebuah menara mercusuar yang menjadi spot menarik untuk para wisatawan yang ingin mengabadikan foto.

Ada juga pemandangan keindahan bawah laut seperti dengan cara snorkeing atau diving. Pulau ini berada di Kecamatan Indramayu, Jawa Barat. Pulau yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang tersayang saat liburan.

9. Pantai Tebing Patrol

Salah satu objek wisata menawan ini terletak di Desa Patrol Lor, lumayan jauh jika berangkat dari pusat kota. Penduduk sekitar pesisir terkenal ramah terhadap wisatawan, baik lokal maupun asing. Bahkan warga setempat tak segan menawarkan tempat menginap bagi wisatawan yang enggan pulang ke kota. Jika tidak berkenan Anda bisa menyewa penginapan murah di sekitar pantai.

Salah satu daya tarik pantai ialah deretan tebing yang terbuat dari tanah. Tebing tanah tersebut hasil dari abrasi yang menumpuk selama bertahun-tahun. Wisatawan yang datang pasti antri untuk berfoto dengan latar belakang tebing. Keluar sedikit dari area pantai Anda akan menemukan perkebunan bawang merah miliki warga sekitar.

10. Waduk Cipancuh Indramayu

Ada sebuah taman rekreasi yang cantik namanya adalah Waduk Cipancuh Indramayu. Waduk ini merupakan lokasi paling menarik untuk dikunjungi. Memiliki luas sekitar 70 hektar dan menawarkan pemandangan yang begitu indah dengan hamparan rerumputan hijau yang menakjubkan mata.

Waduk ini berada di Situraja, Kecamatan Gantar, Indramayu. Dibangun sejak 1927 yang mana tempat ini dimanfaatkan untuk irigasi. Lokasi sekitar juga masih dijaga kebersihannya oleh warga setempat.

11. Pantai Cibugel

Letak Pantai Cibugel berada di tengah-tengah Kota Indramnyu, jadi bisa ditempuh dari berabgai penjuru. Akses jalan yang gampang ditemukan ini menjadi alasan mengapa pantai selalu ramai dikunjungi. Hamparan pasir putihnya luas sehingga wisatawan bebas berlarian dan bermain pasir. Tidak ketinggalan air laut berwarna biru yang memikat hati para pengunjung.

Deburan ombak yang cukup tenang membuat suasana pantai di Indramanyu ini semakin syahdu. Lingkungannya cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dan lari sejenak dari rutinitas membosankan. Lahan parkir objek wisata ini lumayan luas, dilengkapi dengan mushola dan fasilitas lain. Ada pula penginapan untuk Anda yang ingin merasakan sensasi menginap dekat pantai.

12. Taman Tjimanoek

Taman tjimanoek ini merupakan tempat favorit untuk para wisatawan yang ingin bersantai. Spot ini terbilang baru dan sudah menarik banyak perhatian warga. Memiliki area terbuka hijau yang bisa menawarkan ketenangan dan juga kesejukan.

Taman Tjimanoek berada di Penaganjang, Sindang. Tempat yang strategis dengan adanya pepohonan rindang. Cocok untuk para pengunjung yang ingin menikmati udara segar.

13. Pantai Eretan Wetan

Jika Anda sedang melintasi jalan pantura Indramanyu, maka akan menemukan letak pantai. Persisnya berada di area jalan bypass pantura, lalu berjalan kaki sekitar satu kilometer menuju lokasi wisata. Nuansa alam Pantai Eretan Wetan memang masih alami, terasa dari sauasananya yang asri dan sangat tenang. Cocok bagi Anda yang mengagendakan liburan penuh ketenangan.

Dari bibir pantai Anda dapat melihat aktivitas para nelayan yang sedang menurunkan ikan. Di sisi lain area pantai terdapat pohon bakau yang rimbun, sebagai penangkal terjadinya abrasi. Tidak jauh dari kawasan pesisir, terdapat empang-empang milik penduduk yang menambah keasrian. Jika beruntung biasanya saat sore hari banyak burung di sekitar pantai, salah satunya burung bangau.

14. Hutan Mangrove Karangsong

Mereka yang ingin menikmati kesejukan dan menghirup udara segar, sebaiknya mendatangi Hutan Mangrove Karangsong. Tempat wisata ini memiliki luas 25 hektar dan pengunjung bisa memutar membidik objek indah yang ada di lokasi. Satu hal yang menarik adalah kita bisa mengelilingi hutan mangrove dengan menggunakan perahu dan menemukan spot gokil.

Hutan Mangrove Karangsong berada Karangsong, Kecamatan Indramayu. Pengunjung bisa menikmati adanya jembatan yang ada di tengah-tengah pohon bakau dan mengenal berbagai spesies bakau yang tumbuh.

15. Pantai Balongan Indah

Objek wisata alam ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota. Untuk tiba di tempat tujuan, Anda bisa naik kendaraan umum atau pribadi sekitar 20 menit. Begitu sampai di kawasan pantai Anda akan terhipnotis dengan birunya air laut. Udara sejuk turut menambah keseruan berlibur di Pantai Balongan Indah. Bahkan Anda bisa refreshing pikiran sejenak disini.

Ombak di pantai ini tergolong tenang jadi Anda tidak perlu khawatir berenang di lautnya. Namun tetap waspada jangan sampai melebihi batas dari yang sudah diinformasikan. Anda bisa duduk santai di atas pasir putih yang halus sambil minum es kelapa. Jika waktu senja sudah dekat maka buru-buru mengambil tempat untuk melihat sunset, yang katanya sangat cantik dilihat dari Pantai Balongan Indah.

16. Tugu Perjuangan

Ruang terbuka hijau yang ada di Tugu Perjuangan bisa menjadi tempat wisata yang simple. Taman terbuka ini memberi pemandangan dan ketenangan yang adem serta menghilangkan rasa lelah dan penat karena bekerja.

Lokasinya ada di Pekandangan, Indramayu. Tepatnya ada di dekat Bundaran Mangga yang membuat wahananya makin ramai di akhir pekan. Tugu Perjuangan juga menjadi ikon dari wisata yang ada di Indramayu ini.

17. Pantai Solikin

Lokasi pantai berbatasan dengan Desa Eretan Wetan dan Desa Ilir Kandanghaur. Sejauh ini belum banyak yang mengetahui keberadaannya, karena posisi pantai cukup tersembunyi. Bagi yang berhasil menemukannya berarti telah melihat keindahan alam yang sangat menajubkan. Tak heran jika pantai selalu ramai ketika waktu libur, meskipun kuantitasnya belum sebanyak pantai lain.

Pantai Solikin dikelilingi oleh hutan mangrove, bahkan sudah ada sepanjang perjalanan menuju pantai. Biasanya pohon-pohon bakau ini dijadikan latar belakang untuk mengambil hasil jepretan. Daerah pesisir ini menjadi spot yang cocok untuk menikmati sunset dan sunrise. Paling seru datang di waktu subuh sambil menanti sunrise, lalu bangun tenda di tepi pantai.

18. Pantai Glayem

Objek Wisata di Indramayu berikutnya adalah di Pantai Glayem. Pantai ini dulunya merupakan pelabuhan yang sering disinggahi oleh nelayan di sekitar lokasi. Ada sebuah kepercayaan yang menyatakan bahwa nelayan yang singgah di pelabuhan ini maka ikan hasil tangkapannya akan lebih laris dari biasanya.

Pantai Glayem berada di desa atau kecamatan Juntinyuat di Kabupaten Indramayu. Lokasinya sekitar 15 km dari pusat Kota Indramayu. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi.

19. Pantai Limbangan

Destinasi wisata ini berada di sisi utara pulau Jawa, sehingga jarak tempuhnya lumayan jauh. Suasana sekitar pantai masih asri bahkan udara yang berhembus terasa sejuk. Panorama lautnya masih terjaga tapi Anda tidak bisa snorkeling atau diving disini. Namun Anda bisa memancing di area yang telah disediakan. Untuk peralatan pancing disarankan membawa alatnya dari rumah.

Jika berkunjung di pagi hari Anda dapat melihat proses pelelangan ikan. Di tepian pantai terdapat beberapa warung penjual makanan. Anda bisa menikmati hidangan seafood yang rasanya menggugah selera. Ditemani nasi putih hangat dan pemandangan deburan ombak yang menenangkan.

20. Pantai Dadap

Tempat wisata Pantai Dadap memiliki pesona keindahan yang menarik banyak wisatawan. Dari penduduk local sendiri terbilang memiliki sikap ramah yang membuat wisatawan asing juga betah. Pantai Dadap belum memiliki banyak fasilitas seperti pantai lainnya. Meski begitu, keindahan alam yang ditawarkan sangat menjanjikan.

Pantai Dadap berada di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat. Untuk masuk kawasan ini dikenakan biaya hanya RP. 2000 saja per orang. Harga tiket yang murah membuat banyak pengunjung datang tiap harinya.

21. Agung Fantasi Waterpark

Jika wisata sebelumnya berupa pantai, kali ini para wisatawan bisa melihat berbagai wahana yang ada di Agung Fantasi Waterpark. Tempat wisata dengan keindahan yang tidak bisa dibandingkan. Tempat ini merupakan objek wisata air di Indramayu dan banyak permainan anak yang bisa dicoba. Ada juga beberapa kolam untuk anak serta orang dewasa.

Agung Fantasi Waterpark berada di Widasari. Tempatnya sangat indah, cocok untuk menghilangkan rasa penat dan jenuh ketika bekerja. Tak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bisa dikunjungi dengan keluarga.

22. Kolam Pemancingan Wanguk

Tempat wisawa berupa kolam pemancingan ini memang berbeda dengan lainnya. Terkenal karena keindahannya dan cocok untuk menjadi kegiatan liburan. Mereka yang suka memancing akan mengunjungi tempat wisata ini karena tiket masuknya pun juga sangat terjangkau.

Kolam Pemancingan Wanguk berada di Desa Wanguk, Kabupaten Indramayu. Baik bepergian sendiri ataupun bersama teman, tempat ini tetaplah terbaik untuk berlibur. Meski hanya waduk tetapi pemandangan di sekitar memang indah.

23. Alun-Alun Indramayu

Tempat wisata seperti alun-alun memang dimiliki hamper di tiap daerah. Tempat ini menjadi tempat wisata yang terjangkau dan mudah untuk diakses. Tempatnya sangat ramah anak. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini seperti jogging, bermain dengan anak atau sekadar duduk bersantai.

Alun-alun Indramayu ini berada di Margadadi Indramayu Jawa Barat. Taman kota ini sangat ramai dikunjungi terutama di hari Minggu pagi. Seringkali dijadikan tempat beraktivitas untuk keluarga.

24. Situs Buyut Banjar

Indramayu juga memiliki wisata Situs. Namanya adalah SItus Buyut Banjar yang merupakan tempat wisata sejarah edukatif. Situs inisering digunakan para pengunjung dengan berziarah pada Buyut Banjar atau yang juga disebut Pangeran Surya Negara. Ada 41 ekor monyet disini yang dipercaya warga setempat merupakan prajurit dari Kerajaan Kerang Kendal tetapi dikutuk. Suasanya di situs Buyut Banjar ini tak jauh berbeda dengan suasana hutan monyet yang ada di daerah Ubud, Bali.

Lokasi dari Situs Buyut Banjar ini berada di Desa Bulak Kidul. Banyak wisatawan yang datang untuk mengetahui bagaimana kondisi alam di sekitarnya serta penasaran dengan keyakinan warga setempat terkait adanya 41 ekor monyet disana.

25. Situ Bolang

Situ Bolang merupakan Destinasi Wisata di Indramayu yang diandalkan para wisatawan untuk memberi suasana tenang. Tempat ini merupakan sebuah danau dengan luas sekitar 74 hektare. Situ Bolang juga menyuguhkan keindahan danau dan hamparan sawah yang begitu asri. Ada suasana pedesaan yang tenang dan sejuk.

Tempat ini merupakan tempat favorit bagi mereka yang ingin mendapat suasana sejuk dan santai. Situ Bolang berada 20 km dari pusat Kabupaten Indramayu. Tepatnya ada di Desa Jatisura yang masuk dalam kecamatan Cikedung.

Berwisata atau berlibur adalah kebutuhan untuk kesehatan mental. Meski terkesan sepele namun hal ini tak bisa diacuhkan begitu saja. Ada banyak manfaat dari berlibur seperti hilangnya stress, semangat yang kembali tertanam hingga produktivitas yang juga kembali meningkat. Indramayu menyimpan banyak potensi wisata yang bisa dieksplor dan dikembangkan demi kemajuan pariwisata di daerah tersebut.