mediabangsa.com – Sepatu adalah salah satu fashion yang banyak diminati orang dari kaum pria hingga wanita. Berbagai macam desain sepatu ditawarkan oleh para produsen untuk memikat hati para konsumen agar mau membeli sepatu. Dari mulai flat shoes, cats, bahkan sampai sepatu sporty. Bahkan ada beberapa sepatu terunik di dunia yang pernah dipakai oleh sebagian besar orang.

Sepatu di desain sebaik mungkin oleh para penciptanya agar yang memakai sepatu tersebut tetap kece dan tentu nyaman dipakai. Namun, pernahkah Anda membayangkan atau merasa tertarik dengan model sepatu yang terbilang sangat unik? Berikut Kamini akan mengulas beberapa model sepatu terunik di dunia dari berbagai Negara. Yuk sima

Okobo

Anda tentu familiar dengan alas kaki dari Indonesia yang bernama ‘bakiak’ sepatu yang terbuat dari kayu. Konsep bakiak ternyata hampir mirip dengan sepatu unik satu ini. Okobo adalah sepatu yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang, di tahun 1970-an. Okobo biasa digunakan oleh para geisha di Jepang.

Okobo sengaja didesain dengan menggunakan platform yang cukup tinggi yakni 5.5 inci atau sekitar 14cm. Alasan mengapa okobo memiliki desain dengan platform yang tinggi dikarenakan untuk memudahkan para gadis yang senang memakai pakaian kimono.

Pasalnya gaun kimono yang panjang membuat para pemakainya khawatir jika gaunnya terseret-seret di tanah dan membuat kotor gaun tersebut, sehingga dibuatlah okobo dengan platform tinggi agar para wanita tidak khawatir kimononya akan kotor. Selain itu, salah satu ciri khas okobo adalah suara yang dihasilkan ketika para wanita mengenakannya pada saat berjalan.

Suara khas sepatu ini dihasilkan karena adanya rongga yang sengaja diukir pada okobo. Maka dari itu disebutlah sepatu Okobo dimana memiliki onomatopoeia yang berarti suara berjalan di dalamnya dan okobo menjadi salah satu sepatu terunik di dunia.

Heelless Shoes

Jika tadi kita melihat sepatu model jaman 1970-an di Jepang, lain halnya dengan sepatu ini. Sepatu ini bukan model yang terlalu jadul. Sepatu Heelless mulai dikenal di tahun 2007 pada runaway Antonio Berardi dan sepatu ini semakin terkenal saja karena pernah dikenakan oleh Victoria Beckham di tahun 2008.

Jika dilihat salah satu sepatu terunik di dunia ini terlihat sangat tidak nyaman dan mungkin akan sulit bergerak bahkan jatuh. Namun desainer sepatu ini mengatakan bahwa sepatu ini sangat nyaman dipakai dan tidak perlu khawatir jatuh karena sudah didesain sebaik mungkin agar tetap seimbang.

Akhirnya para pecinta fashion pun berbondong-bondong untuk memburu sepatu ini. Dan menurut mereka yang telah memakai sepatu ini, ternyata sepatu ini nyaman untuk dikenakan. Mereka juga merasa seperti memakai sepatu biasa pada umumnya tanpa khawatir jatuh.

Meskipun begitu para ahli mengatakan jika sepatu ini dipakai secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan permanen pada kaki, lutut, dan tulang belakang.

High Heels Pria

Jika dari tadi membicarakan tentang fashion sepatu wanita, kali ini ssalah satu sepatu terunik di dunia datang dari model sepatu pria di Eropa pada tahun 1700-an. High Heels pada umumnya dikenakan oleh para wanita, namun tidak untuk model sepatu satu terunik di dunia yang satu ini.

Pada tahun 1700-an mantel dan celana adalah trend busana yang paling diperhatikan, setelah itu mereka mulai memperhatikan tentang model sepatu yang mereka kenakan untuk menunjang kesempurnaan penampilan.

Pada awalnya Louis XIV memiliki sepatu berhak tinggi dengan sol merah. Ia mengenakannya dikarenakan tubuhnya yang kurang tinggi. Akhirnya ia mengenakan sepatu heels untuk tampil lebih sempurna lagi. Semenjak itu para rakyatnya mengikuti trend mode yang dikenakan oleh Louis.

Banyak para lelaki yang mengenakan sepatu hak tinggi dengan sol berwarna merah seperti Louis. Apakah Anda tertarik untuk memakai sepatu terunik di dunia yang satu ini?

Chopines

Chopines memiliki konsep yang sama seperti sepatu Okobo asal Jepang. Tujuan adanya heels pada sepatu ini pun sama, karena pada jaman dulu para wanita Italia senang mengenakan gaun panjang. Chopines mulai dikenakan di jaman renaissance namun masih popular dikalangan para wanita Italia sampai abad ke-17.

Chopines memiliki hak setinggi 18cm dan memiliki kesan kemewahan serta berkelas pada masanya. Sepatu ini terbuat dari kayu serta dilapisi dengan sutra halus ataupun beludru, selain itu sepatu terunik di dunia ini juga dihiasi dengan renda perak dan juga rumbai sutra.

Kab-Kabs

Jika sepatu heels sebelumnya datang dari Jepang dan Eropa, maka kali ini datang dari Timur Tengah lebih tepatnya Lebanon. Sepatu Kab-kabs atau juga Nalins memiliki konsep yang serupa dengan Okoba dan Chopines. Para wanita mengenakan sepatu ini untuk melindungi gaun mereka dari serangan becek dan kotoran dijalanan.

Sepatu ini terbuat dari perak dan bertaburkan perak. Bagi orang kaya pada abad ke-14 sampai abad ke-17 sepatu kab-kabs mereka akan dihiasi tidak hanya dengan perak, mereka akan menghiasi sepatunya dengan mutiara. Kab-kabs didesain sangat tinggi dengan lapisan border kulit, sutra, atau beludru.