mediabangsa.com – Orang gemuk biasanya agak sulit mencari pakaian yang pas, mulai dari ukuran hingga model potongannya. Memang, tidak mungkin semua bentuk pakaian akan cocok dengan semua orang. Setiap model pakaian punya pakemnya masing-masing, begitu pula dengan model dress batik untuk orang gemuk.

Karena bahan dasarnya sudah ramai, yaitu batik, maka orang gemuk akan terlihat lebih cocok jika menggunakan model dress yang simpel dengan tidak terlalu banyak aksesoris. Yuk, langsung saja disimak 10 model dress batik untuk orang gemuk ini yang telah Kamini rangkum untuk Anda:

1. T-shape Dress

Dress dengan bentuk potongan T merupakan model dress batik yang cocok untuk orang gemuk. Potongan simpel dengan tidak banyak aksesoris memang yang paling cocok untuk orang gemuk.

Dress ini pun punya motif yang unik. Dimana hampir keseluruhan warnanya doff biru dongker tapi ada aksen batik pada bagian depan dari dada hingga rok. Lalu, jangan lupakan poin penting dari dress ini, yaitu tassel warna putih yang ada di ujung motif batik. Dress ini bisa Anda kenakan untuk pergi bekerja atau arisan. Harga dress ini adalah sekitar Rp 390 ribuan.

2. Bold Pattern

Model dress batik untuk orang gemuk yang kedua ada dress dengan motif bold atau tegas dan tebal ini. Sebenarnya penggunaan motif yang terlalu banyak, terlalu besar, dan terlalu padat dapat membuat tubuh terlihat lebih gemuk.

Namun, dengan warna motif yang diberi garis tebal berwarna hitam, motif pada batik ini jadi terlihat bold dan tegas. Sehingga, motif pada dress ini tidak akan mengganggu dan tidak akan membuat tubuh terlihat lebih besar.

Apalagi pada dress ini terdapat aksen obi pada bagian perut yang dapat membuat ilusi perut rata dan pinggang ramping. Dress ini tersedia dalam ukuran S hinga XL, loh! Harga dress ini sangat terjangkau, yaitu seratus ribuan saja.

3. Slim Fit

Rekomendasi model dress batik untuk orang gemuk selanjutnya ada dress dengan bentuk slim fit. Baju terusan yang ukurannya pas badan–bukan ketat–dapat membuat Anda terlihat lebih langsing. Hal ini disebabkan karena baju yang gombrang, berlipat, dan bertumpuk malah akan membuat tubuh terlihat lebih berat.

Maka dari itu, slim fit dress merupakan pakaian yang sangat tepat untuk orang bertubuh gemuk. Pilihan warna dress ini pun aman, yaitu biru gelap dengan motif batik berwarna cokelat tua. Anda bisa mengenakan dress seharga Rp 240 ribuan ini untuk pergi ke pesta atau pun ke kantor.

4. Peplum Dress

Seperti yang pernah Kamini bahas di model gamis pesta dan di model kebaya muslim, dress dengan potongan peplum dapat membuat tubuh terlihat lebih langsing daripada ukuran sebenarnya. Hal ini dikarenakan pakaian dengan model peplum pasti ukurannya slim fit alias pas badan. Baju pas badan dapat membuat tubuh terlihat lebih ringan dan lebih kurus.

Ditambah dengan detil flare yang membelah pada bagian perut, yang dapat menyamarkan perut buncit, peplum dress merupakan pilihan terbaik untuk model dress batik untuk orang gemuk, kan? Harga dress ini cukup bersahabat, yaitu Rp 240 ribuan.

5. Plain Mix Dress

Baju polos memang merupakan pakaian yang paling aman untuk orang bertubuh gemuk. Tapi, jika Anda ingin menggunakan model dress batik untuk orang gemuk, bisa saja, kok. Carilah model dress dengan motif paling sedikit. Misalnya saja dress polos yang satu ini.

Dress ini 50% bahan polos berwarna hitam yang dipadu dengan 50% kain batik pada bagian roknya. Harga dress cantik ini memang agak mahal, yaitu Rp 870 ribuan, tapi totally worth it, kok!

6. Mix-tones Dress

Mirip seperti two tones dress, baju terusan ini dibuat dari bahan yang berbeda warna. Tapi, tidak hanya warna saja yang berbeda kali ini, melainkan motifnya juga. Baju terusan dengan motif ini memang tidak pernah mati dimakan mode terbaru, karena motif dan warnanya selalu beragam. Sehingga, orang tidak akan pernah bosan menggunakan dress seperti ini.

Baju terusan dengan dua shades warna seperti ini termasuk juga ke model dress batik untuk orang gemuk. Dress berpotongan slim fit dengan aksen umpak unik ini bisa Anda kenakan ke kantor atau untuk ke pesta. Dress ini terbuat dari bahan katun yang pasti nyaman dikenakan.

7. A-line Dress

Rekomendasi model dress batik untuk orang gemuk yang ke tujuh ada dress dengan potongan seperti huruf A kapital. Jenis dress seperti ini dapat membuat perut terlihat lebih rata dan pinggul lebih slim. Lengan besar pun bisa tertutupi dengan panjang lengan yang cukup ini.

Apalagi ditambah aksen pita pada bagian perut yang bisa membuat orang salah fokus, sehingga mereka tidak akan menotis bentuk tubuh Anda.

8. Kemben Dress

Kali ini dress yang kami rekomendasikan adalah dress kemben. Masih menjadi tren di tahun 2019 di mana kemben, tank top, bustier, korset, atau pun strap dress dikenakan sebagai luaran. Nah, kemben pada baju ini sudah merupakan motif dari dress ini, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari kemben lagi sebagai luaran. Sangat praktis, bukan?

9. Dress Obi

Rekomendasi model dress batik untuk orang gemuk yang ke-9 ada dress dengan aksen obi. Jika Anda tidak familiar dengan istilah obi, jadi obi itu adalah belt yang melilit perut. Obi dapat membantu meratakan perut dan membuat seolah-olah tubuh Anda jadi langsing.

10. Monochrome Dress

Warna monokrom seperti hitam dan putih merupakan warna yang paling aman untuk dikenakan oleh orang gemuk. Walaupun warna putih biasanya dapat membuat tubuh terlihat lebih lebar, tapi jika dipadukan dengan dominasi warna hitam, dress ini tidak akan membuat tubuh terlihat lebih besar. Long dress ini bisa menutupi bagian tubuh Anda yang besar seperti pantat, paha, pinggul, dan betis.

Nah, itu dia rekomendasi 10 model dress batik untuk orang gemuk. Anda bisa menggunakan dress di atas untuk berbagai macam keperluan, seperti ke kantor, ke kampus, ke pengajian, atau ke pesta. Satu tip lagi dari Kamini, percaya diri lah, karena percaya diri merupakan kunci utama dalam berpakaian. Selamat bergaya!