mediabangsa.com – Rasanya semua orang pasti menginginkan wajah bersih dan mulus tanpa jerawat, bukan? Jika Anda rajin merawat kulit, kemungkinan muka berjerawat tentu kecil. Namun, mungkin saja Anda memiliki faktor lainnya sehingga kulit Anda menjadi berjerawat, seperti faktor genetik, pola makan tidak benar, atau salah menggunakan kosmetik.

Jika wajah Anda bebas dari jerawat, tentunya Anda akan semakin percaya diri, bukan? Maka dari itu, Kamini akan membantu mengatasi masalah kulit berjerawat Anda. Kamini telah mengumpulkan 10 cara merawat muka berjerawat, sekaligus cara menghilangkan bekasnya yang bisa kamu terapkan secara rutin. Berikut selengkapnya:

10 Cara Merawat Muka Berjerawat & Menghilangkan Bekasnya

1. Kembali ke Basic Skincare

Saat kulit berjerawat, sebaiknya minimalkan rangkaian skincare yang digunakan. Kalau biasanya kamu bisa menggunakan skincare hingga berlapis-lapis, cobalah kurangi penggunaan skincare tersebut. Cukup gunakan produk skincare yang dibutuhkan kulit yakni pembersih wajah, pelembap, dan sunscreen. Semua langkah inilah yang disebut dengan Basic Skincare.

Basic Skincare sendiri dapat membantu meminimalisir resiko iritasi ataupun peradangan pada jerawat karena biasanya produk skincare yang digunakan nggak terlalu banyak. Tapi, kalau kamu berencana mengganti produk skincare yang kamu pakai, cobalah ganti secara perlahan dan bergantian ya!

2. Hentikan Dulu Penggunaan Kandungan Aktif

Beberapa kandungan aktif memang bisa jadi efektif mengempeskan jerawat. Tapi, kalau jerawatmu lagi meradang, kamu mungkin perlu menghindari penggunaan kandungan yang aktif. Pasalnya, penggunaan kandungan aktif bisa meningkatkan resiko iritasi pada kulit dan membuat jerawat semakin meradang.

Kalaupun kamu tetap ingin menggunakannya, selalu bareng dengan produk skincare yang bersifat gentle atau soothing (menenangkan), serta pelembap dengan hidrasi yang cukup untuk menyeimbangkan kandungan aktif yang digunakan.

3. Gunakan pembersih wajah dengan pH rendah

Skin Barrier yang lemah bisa menyebabkan jerawat mudah timbul. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan menyeimbangkan pH dalam kulit. Karena itu, menggunakan pembersih wajah dengan pH yang rendah bisa membantu menjaga pH agar tetap seimbang.

Penggunaan pembersih wajah dengan pH rendah memang sangat penting karena pembersih wajah biasanya dapat merusak pH dan membuat kulit kering. Jadi, untuk menjaga kelembapan alami kulit kamu bisa menggunakan pembersih wajah dengan pH rendah.

4. Pilih Skincare dengan kandungan yang menenangkan

Daripada menggunakan produk dengan kandungan aktif yang tinggi, pilih saja produk dengan kandungan yang menenangkan. Kulit yang berjerawat biasanya sangat rentan terjadi iritasi. Ibaratnya, kondisi kulit sedang ‘lemah’ dan ‘sakit’, makanya, kulit butuh kandungan yang soothing atau menenangkan agar jerawat nggak makin meradang.

Beberapa kandungan menenangkan yang bisa kamu pilih diantaranya adalah Centella Asiatica, Mugwort, Rose Extract, Aloe Vera, Calendula, Chamomile, dan lain-lain. Kandungan ini banyak hadir dalam bentuk toner, serum, ataupun pelembap.

5. Gunakan Skincare dengan Kandungan Ceramide

Sudah pernah disinggung sebelumnya kalau salah satu penyebab kulit mudah berjerawat adalah skin barrier yang lemah. Skin barrier yang lemah ini membuat bakteri penyebab jerawat masuk dengan mudah ke dalam celah-celah kulit. Untungnya, kandungan Ceramide bisa membantu memperkuat skin barrier.

Tubuh kita sebenarnya sudah punya kandungan Ceramide di lapisan luarnya, tapi seiring bertambahnya usia, produksi Ceramide dalam tubuh mulai berkurang. Karena itu menambahkan Ceramide dalam produk skincare yang kamu pakai bisa membantu meredakan jerawat. Kamu bisa menggunakan serum dengan kandungan Ceramide ataupun pelembap yang mengandung Ceramide.

6. Jaga Kebersihan Barang-Barang Yang Bersinggungan Langsung dengan Wajah

Salah satu penyebab jerawat adalah bakteri yang menempel di barang-barang yang bersinggungan langsung dengan wajah seperti brush makeup, sarung bantal, kerudung, rambut, handuk, dan yang lainnya. Menjaga barang-barang di sekitar kita tetap bersih bisa membantu meminimalisir resiko timbulnya jerawat baru.

Caranya, bersihkan barang-barang yang biasa kamu pakai tersebut secara berkala terutama brush makeup yang sering kamu pakai. Jangan lupa untuk selalu membersihkan area sekitar kamar atau tempat-tempat penyimpanan barang-barang tersebut agar debu-debu dan kotoran tidak bersarang.

7. Jangan Sentuh Wajah Dengan Tangan Kotor

Terkadang, kita nggak sadar menyentuh wajah dengan bare hand atau tangan kosong. Padahal, ada banyak sekali bakteri yang bisa menempel di tangan dan dengan mudah pindah ke wajah sehingga menimbulkan jerawat. Karena itu, hindari menyentuh area wajah dengan tangan. Kamu wajib mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah ya!

8. Jangan Pencet Jerawat

Ketika jerawat lagi aktif di wajah, pasti kamu pernah terpikir untuk memencetnya biar cepat kempes. Jangan dilakukan ya! Memencet jerawat tanpa metode yang benar malah bisa bikin jerawat makin parah. Terlebih lagi, bekas jerawat yang ditimbulkan bisa beresiko menimbulkan bopeng, lho!

Daripada memencet jerawat, lebih baik gunakan spot treatment atau acne patch. Spot Treatment biasanya memiliki kandungan aktif yang bisa meredakan jerawat sedangkan acne patch bisa membantu mengempeskan jerawat tanpa takut jerawat terkontaminasi kotoran. Jadi, kira-kira mana nih yang akan kamu pakai?

9. Konsultasikan dengan SPKK

Jika kamu merasa jerawatmu nggak kunjung sembuh setelah melakukan beberapa cara di atas, kamu bisa konsultasikan kondisi kulitmu dengan SPKK. Beberapa kondisi jerawat ada juga yang disebabkan oleh hormon sehingga nggak bisa hanya disembuhkan dengan produk skincare.