mediabangsa.com – Kumis adalah salah satu faktor yang identik serta dapat menjadi ciri khas untuk seorang pria. Kumis selalu identik dengan maskulinitas pria. Banyak pria yang menumbuhkan kumis agar tampak lebih gagah, apalagi jika dikombinasikan dengan jenggot. Ingin tahu cara memanjangkan jenggot? Kamini pernah membahasnya di sini.

Karena berbagai alasan tersebut, banyak kaum adam yang ingin menumbuhkan kumisnya dengan berbagai cara. Ada yang melakukannya dengan cara alami dan ada juga yang menggunakan obat-obatan penumbuh kumis yang dijual di pasaran. Kalau Anda, lebih suka pakai cara yang mana?

Bagi Anda yang ingin menumbuhkan kumis dengan cara yang alami, Anda bisa melakukan 5 cara yang akan dijelaskan Kamini berikut ini. Walaupun cara alami berikut akan lebih membutuhkan ketelatenan dan kesabaran untuk membuatnya menjadi lebat, namun ini akan sangat aman dan lebih sehat. Yuk, dipraktikkan!

Cara Menumbuhkan Kumis Secara Alami

Pada dasarnya, pertumbuhan kumis, baik itu kumis yang tipis maupun lebat berkaitan dengan faktor genetik. Ada keluarga yang memiliki kumis tebal akan tetapi keturunanya tidak memilikinya, dan ada juga yang sebaliknya.

Tapi, bagi pemilik kumis tipis pun tidak ada alasan untuk menyerah. Bagi Anda yang penasaran akan mencoba membuat kumis dengan cara alami, silahkan simak beberapa cara berikut ini:

1. Minyak Kemiri

* sumber: www.pecans.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pecan oil alias minyak kemiri adalah salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan rambut, dan cara ini sudah sejak lama digunakan dan sangat berkhasiat. Bukan hanya untuk rambut di kepala saja, minyak kemiri sejak dulu sudah sering digunakan untuk menumbuhkan rambut yang ada di bagian tubuh lainnya termasuk kumis.

Nah, untuk cara menumbuhkan kumis dengan minyak kemiri Anda bisa mengoleskan minyaknya di bagian kumis secara rutin sekurang-kurangnya 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Jika Anda mau membeli minyak kemiri, tapi bingung mencarinya di mana, beli saja secara online! Berbagai macam, merk, ukuran, dan harga minyak kemiri bisa Anda temukan di toko online.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa dijadikan bahan untuk menumbuhkan kumis Anda, loh! Tanaman lidah buaya juga memiliki peranan penting untuk bisa menumbuhkan rambut. Cara menumbuhkan kumis dengan cepat dengan memanfaatkan lidah buaya adalah cukup mengoleskan gel lidah buaya di sekitar area kumis. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 1 jam lalu bilas dengan air bersih.

3. Urang-aring

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tanaman urang-aring sudah dikenal sejak zaman nenek moyang sebagai penumbuh rambut. Yang dipakai dari tanaman urang-aring bukanlah biji, bunga, daun, maupun dahannya, melainkan minyaknya. Tidak hanya rambut, minyak urang-aring juga dapat memiliki peran penting untuk menumbuhkan kumis Anda.

Cara menggunakannya, Anda cukup mengoleskan ramuan orang aring pada kumis Anda secara merata. Lakukanlah secara rutin, dan Anda pun akan memperoleh hasilnya secara maksimal. Anda bisa membeli minyak urang-aring secara online di situs terpercaya.

4. Mentega

Cara lainnya adalah dengan menggunakan mentega. Mentega ini dapat Anda peroleh dengan mudah di warung atau toko terdekat. Cara menggunakannya cukup oleskan mentega pada hidung atau area kumis. Trik ini akan membuat kumis Anda menjadi tebal dalam waktu yang relatif cepat.

Anda juga dapat mengganti mentega dengan bahan lainnya seperti putih telur ayam, lendir telur udang atau madu asli. Lakukanlah trik ini secara teratur agar Anda dapat merasakan hasilnya yang maksimal. Cara ini mungkin kurang cocok bagi sebagian orang karena merasa tergganggu dengan bau khas mentega.

5. Bawang Bombai

Banyak orang yang tidak suka dengan bawang bombai, mulai dari aroma hingga rasanya. Anda termasuk yang suka pada bawang bombai atau yang anti? Kalau Anda tidak suka dengan bawang bombai, cobalah untuk suka, karena bawang bombai dapat membuat kumis tumbuh lebih cepat.

Bumbu dapur yang satu ini perlu Anda haluskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Haluskan dengan cara diulek atau diblender. Setelah itu, langsung oleskan bawang bombai pada area kumis. Mungkin bau tajamnya akan sedikit mengganggu, jadi sabar saja, ya!

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang punya sejuta manfaat. Minyak ini bisa dikonsumsi maupun dipakai untuk keperluan kecantikan. Dan, kabar baiknya, minyak zaitun juga termasuk dalam bahan-bahan alami yang dapat menumbuhkan kumis lebih cepat! Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dan vitamin E pada minyak zaitun yang berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Cara menumbuhkan kumis dengan cepat menggunakan minyak zaitun adalah dengan mengoleskannya pada kumis. Bawa tidur, ya, anggap saja Anda sedang menggunakan krim malam. Setelah itu, pada pagi harinya cuci muka dan mandi seperti biasa.

7. Kuning telur

Kuning telur mengandung banyak vitamin seperti A, B, dan E yang dapat menguatkan rambut sekaligus menyehatkannya. Hal ini berlaku juga untuk kumis. Beri masker pada kumis Anda menggunakan kuning telur. Diamkan selama 30 menit atau hingga mengering, lalu bilas kumis hingga bersih.

8. Jaga Tetap Bersih

* sumber: www.youtube.com

Dalam cara menumbuhkan kumis dengan cepat, Anda tidak cuma harus merawatnya dengan bahan-bahan alami di atas. Tapi, Anda juga harus menjaga kebersihan wajah, khususnya area kumis dengan baik. Sama seperti bagian tubuh lainnya, kumis juga dapat kotor. Kumis bisa kotor karena terkena udara, debu, makanan, minuman, asap rokok, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, setidaknya sebulan sekali (lebih bagus 2 minggu sekali), lakukan scrub pada wajah Anda. Merk lulur wajah yang bagus bisa Anda baca di sini. Jika malas luluran wajah, Anda bisa menggunakan facial wash yang ada scrubnya. Merk scrub facial wash yang bagus dapat Anda ketahui di artikel ini.

9. Mencukur Kumis

Cara yang selanjutnya untuk menumbuhkan kumis adalah dengan merontokkan atau mencukur bulu kumis secara terus-menerus dan teratur. Dengan mencukur secara rajin, maka rambut pada kumis Anda akan semakin tumbuh dan cepat menebal. Jika Anda tidak percaya, Anda bisa mencobanya sendiri.

10. Jangan Lakukan Apapun

Pusing dengan sub judul di atas? Jadi, setelah Anda mencukur kumis, tentunya kumis membutuhkan waktu untuk tumbuh kembali, bukan? Selama itu, jangan lakukan apa-apa.

Jangan dulu melakukan perawatan biarpun menggunakan bahan-bahan alami, karena pencukuran kumis sedikitnya akan melukai kulit Anda. Jika Anda langsung melakukan perawatan setelahnya, takutnya akan terjadi infeksi.

Tips Menumbuhkan Kumis Dengan Cepat

Selain melakukan berbagai cara menumbuhkan kumis dengan cepat di atas, masih ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut pada kumis Anda. Tips-tips menumbuhkan kumis dengan cepat tersebut di antarnya adalah:

    Berhenti merokok.

    Mengurangi kegiatan yang membuat Anda stress.

    Tidur yang cukup.

    Mengkonsumsi vitamin dan mineral.

    Melakukan pembersihan kulit pada area wajah.

    Menjaga kelembabannya.

    Melengkapi dengan asupan vitamin seperti vitamin B, A, C serta konsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran.

    Minum air putih yang banyak.

    Menghindari makanan yang manis serta junk food.

    Mengkonsumsi banyak protein.

    Melakukan pijatan atau olah raga di area sekitar kumis.

Nah, itulah beberapa tips dan cara menumbuhkan kumis dengan cepat dan juga alami ala Kamini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua. Tips ini juga bisa Anda kombinasikan dengan cara menumbuhkan jenggot atau brewok yang pernah kami ulas di artikel ini. Selamat mencoba! Kalau Anda punya tips lainnya untuk menumbuhkan kumis secara cepat, berbagi di kolom komentar, ya.