Kamis, April 17, 2014
   
Text Size

 

 

Pengertian Reksa Dana

Bisnis - Investasi

Investasi di pasar modal secara langsung, selain membutuhkan dana yang tidak sedikit juga memerlukan kesiapan mental investor menanggung risiko yang cukup besar. Seperti kata pepatah, ‘high risk high return’. Bagi Anda yang tidak punya keahlian mengelola risiko atau tak memiliki cukup waktu memelototi portofolio investasi setiap hari, membeli unit penyertaan reksa dana adalah solusi yang tepat.

Apakah Reksa Dana itu ?
Ditinjau dari asal kata, reksa dana berasal dari kosa kata ‘reksa’ yang artinya ‘jaga’ atau ‘pelihara’ dan ‘dana’ yang berarti ‘uang’ atau ‘kumpulan uang’. Jadi, reksa dana bisa diartikan sebagai ‘kumpulan uang yang dipelihara bersama untuk suatu kepentingan’.

Mengacu pada Undang-undang Nomor 8 tahun 1995, reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi.

Untuk apa membeli Reksa Dana ?

Membeli reksadana tidak ubahnya menabung. Bedanya surat tanda menabung tidak dapat diperjualbelikan, sebaliknya reksadana bisa diperjualbelikan.

Unit penyertaan yang bisa dijual kembali kepada manajer investasi disebut reksa dana terbuka (open end). Kebalikannya adalah reksa dana tertutup (close end), yakni reksa dana yang hanya bisa dijual kepada investor lain melalui pasar sekunder. Sebagian besar reksa dana yang ada sekarang ini berbentuk reksa dana terbuka.

Reksa dana memiliki dua hal yang sulit dipenuhi oleh pemodal perorangan. Pertama, reksa dana membangun skala ekonomis dalam berinvestasi yaitu melalui penggabungan dana antara pemodal yang satu dengan pemodal yang lain sehingga terhimpun dana yang cukup besar. Kedua, menyediakan tenaga professional pengelola investasi efek secara kolektif.

Apa Keuntungan memiliki Reksa Dana ?

  1. Pengelolaan secara profesional
    Reksa dana dikelola oleh para profesional pasar modal yang memiliki akses pada informasi dan pedagangan efek, sehingga selalu dapat meneliti berbagai peluang investasi terbaik bagi para nasabahnya.
  2. Pembagian risiko/minimalisasi risiko.
    Pola pembagian risiko ini biasa disebut “diversifikasi”. Pada diversifikasi, dana investasi Anda ditempatkan pada beberapa macam instrumen investasi di pasar modal. Dengan demikian risiko kerugian investasi secara keseluruhan akan lebih kecil.
  3. Kemudahan pencairan.
    Investasi reksa dana mudah untuk diuangkan kembali serta efisien karena Anda dapat menjual kembali kepada pengelola investasi.
  4. Kemudahan investasi.
    Berinvestasi di reksa dana relatif mudah karena selain prosesnya mudah, Anda diberikan beberapa pilihan investasi, dengan strategi yang sesuai dengan risiko dan keuntungan yang diharapkan.
  5. Keleluasaan investasi.
    Dalam reksa dana Anda leluasa untuk memilih suatu jenis investasi dan leluasa pula untuk pindah ke jenis lainnya sesuai dengan tujuan investasi Anda.
  6. Keringanan biaya.
    Investasi melalui reksa dana relatif lebih ringan biayanya dibandingkan bila Anda melakukannya sendiri. Hal ini disebabkan karena pengelola investasi menghimpun dana dalam skala besar sehingga dapat mengalokasikannya secara ekonomis.
  7. Keringanan pajak.  Hasil keuntungan dan hasil penjualan kembali reksa dana tidak dikenai pajak sehingga Anda mendapatkan keuntungan yang bersih.


Jenis-jenis Reksa Dana

  1. Reksa Dana Pasar Uang
    Reksa dana yang investasinya ditanam pada efek bersifat hutang dengan jatuh tempo yang kurang dari satu tahun.
  2. Reksa Dana Pendapatan Tetap
    Reksa dana yang sekurang-kurangnya 80% dari dana yang dikelola (aktivanya) dalam bentuk efek bersifat hutang.
  3. Reksa Dana Saham  : Reksa dana yang sekurang-kurangnya 80% dari dana yang dikelolanya diinvestasikan dalam efek bersifat ekuitas.
  4. Reksa Dana Campuran   : Reksa dana yang mempunyai perbandingan target aset alokasi pada efek saham dan pendapatan tetap yang tidak dapat dikategorikan ke dalam ketiga reksa dana lainnya


Bagaimana Memilih Reksa Dana?

  1. Pahami tujuan investasi Anda. Dalam pengertian apa yang ingin Anda lakukan dari dana hasil investasi tersebut? Apakah anda ingin membiayai kuliah anak anda, atau anda ingin membeli rumah. Ataukah anda mempunyai rencana masa depan untuk memenuhi kebutuhan anda, sehingga anda berinvestasi?
  2. Kenali profil risiko Anda. Apakah risiko menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam berinvestasi. Kita ambil contoh, seorang investor berinvestasi di pasar saham, risiko yang diambil akan lebih besar dari risiko berinvestasi di pasar obligasi (surat berharga). Jika sebagai investor Anda tidak dapat menerima naik turunnya harga saham dan dapat mengakibatkan emosi, maka disarankan untuk memilih jenis reksa dana yang konservatif.
  3. Pelajari alternatif investasi yang tersedia.
  4. Pahami risiko yang berkaitan dengan tiap alternatif investasi.
  5. Tentukan batas investasi sesuai dengan kemampuan finansial. Apabila tujuan investasi anda jangka panjang, seperti mempersiapkan kebutuhan pensiun, biaya anak kuliah atau meningkatkan nilai kekayaan, maka reksa dana yang tepat untuk anda adalah reksa dana jenis pertumbuhan atau pendapatan. Kalau tujuan investasi Anda untuk memperoleh pendapatan yang tetap selama menjalani masa pensiun, dengan kata lain harus memperoleh penghasilan secara kontinyu, maka reksa dana yang tepat adalah yang menempatkan dananya di obligasi (konservatif) atau pertumbuhan dan pendapatan (kalau Anda tergolong agresif). Sedangkan kalau dana yang Anda hendak investasikan itu sewaktu-waktu diperlukan kembali maka Anda cocok memilih pasar uang atau obligasi jangka pendek
  6. Tentukan strategi investasi anda. Dalam menentukan pilihan Anda terhadap suatu produk reksa dana, kami sarankan Anda melihat dan membaca prospektus dari produk reksa dana yang tersedia. Adapun poin-poin yang harus diperhatikan dalam memperhatikan prospektus masing-masing reksa dana tersebut yaitu:
    * Portofolio dari produk reksa dana tersebut saham/obligasi/instrumen pasar uang apa saja yang ada didalamnya dan bagaimana dengan bobot mereka masing-masing).
    * Kinerja yang dihasilkan pada masa yang lalu.
    * Pandangan manajer investasi ke masa depan tentang ekonomi makro, mata uang, serta industry trend dari saham yang ada dalam portofolio.
    * Prestasi masa lalu relatif terhadap saingan sejenis dan pasar secara keseluruhan (indeks).
    * Biaya transaksi yang meliputi management fee, sales dan redemption fees.
  7. Manfaatkan jasa profesional.
  8. Pertahankan tujuan Anda (jangan terpengaruh fluktuasi sesaat).


Bagaimana mendapat dividen/bunga ?

Untuk mendapatkan dividen/bunga, pemodal harus memilih reksa dana yang memiliki sasaran pendapatan. Setiap prospektus reksa dana akan mencantumkan sasaran saat penawaran. Adapun sasaran reksadana, antara lain, pendapatan dan pertumbuhan dana.

Kapan mendapat dividen/bunga ?

Kegiatan utama manajer investasi adalah melakukan investasi portofolio sehingga setiap saat akan mengambil keputusan alat investasi mana yang harus dibeli atau dijual. Juga memutuskan untuk memilih saham yang memberi dividen atau membeli obligasi yang membayar bunga. Jadi reksadana selalu punya kesempatan mendapatkan dividen atau bunga . Hanya saja manajer investasi mempunyai hak untuk mendistribusikan atau tidak dividen atau bunga yang diperolehnya kepada pemodal. Kalau prospektusnya menerangkan bahwa dividen/bunga akan didistribusikan maka dalam waktu tertentu pemodal akan mendapatkan dividen / bunga .

Bagaimana Mendapatkan Capital Gain ?
Capital gain akan diberikan oleh reksa dana yang memiliki sasaran pertumbuhan. Pendapatan ini berasal dari kenaikan harga saham atau diskon obligasi yang menjadi portofolionya. Tentu saja manajer investasi harus berhasil membeli saham pada saat harga rendah dan menjualnya pada saat harga tinggi. Selanjutnya manajer investasi mendistribusikan capital gain itu kepada pemodal.

Kapan Mendapatkan Capital Gain ?
Pendapatan dari capital gain tergantung dari kebijaksanaan manajer investasi. Bila manajer investasi dalam prospektusnya menerangkan akan mendistribusikan capital gain, maka dalam waktu tertentu pemegang reksa dana akan mendapatkan capital gain ini. Namun ada juga reksa dana yang tidak mendistribusikan capital gain ini, tapi ditambahkan pada NAB.

Bagaimana Mendapatkan Peningkatan NAB ?
NAB adalah adalah perbandingan antara total nilai investasi yang dilakukan manajer investasi dengan total volume reksa dana yang diterbitkan. Contoh pada awal tahun 1999, manager investasi X menerbitkan 445.000 lembar reksa dana dengan harga Rp 1.000 per lembar. Harga ini dapat dianggap NAB awal. Pada akhir tahun 1999, nilai investasi meningkat menjadi Rp 600 juta akibat kenaikan harga saham yang menjadi portofolionya. Maka NAB baru adalah Rp 600 juta : 445.000 = Rp 1.348. Berarti mengalami kenaikan 34.8%.

Kapan Mendapat Kenaikan NAB ?
Untuk mendapatkan kenaikan NAB ini tergantung jenis reksa dana yang dibeli. Reksa dana terbuka akan dibeli kembali dengan harga NAB baru. Reksa dana tertutup tidak akan dibeli kembali oleh penerbitnya. Jadi setelah terjadi transaksi di pasar perdana selanjutnya reksadana akan diperjualbelikan di pasar sekunder. Harga yang terbentuk merupakan pertemuan dari permintaan dan penawaran. Harga in yang merupakan NAB baru.

  

Data Pengunjung

Pengunjung [+/-]
Hari Ini:
Kemarin:
1 Hari Sebelumnya:
882
1677
2280

-603
Minggu Ini:
Minggu Lalu:
1 Minggu Sebelumnya:
7236
15487
16839

-1352

Semua Pengunjung
Total Pengunjung Sampai Saat Ini 2 469 550

Iklan Gratis Terbaru

lol pictures
Lol Pictures damn picture lol photos funny pictures troll images lols and gags(lolsgag.blogspot.com)




The Biggest House of Lol Collection in the World where you can every thing in lol position, Lol pictures, lol videos, lol comics, lol planets, lol peoples, lols and gags, lol fails, lol animals, lol n troll, lol cartoons, awesome lol, cute ...
Rabu, 09 April 2014
Entertainment news
Entertainment news entertainment pictures latest all hot current affairs updates (hotcurrentaffairs.com)



Bollywood funny pictures and videos, bollywood funny facts, Hollywood pictures, Jokes and Comics, Cute Pictures, Cute Facts, Funny animals pictures funny animal videos, animal funny facts, Fail and Epic Comics Facts, Awesome pictures, awe...
Jumat, 28 Maret 2014
Entertainment news entertainment picture
Bollywood funny pictures and videos, bollywood funny facts, Hollywood pictures, Jokes and Comics, Cute Pictures, Cute Facts, Funny animals pictures funny animal videos, animal funny facts, Fail and Epic Comics Facts, Awesome pictures, awesome videos, cute videos, lol cats, lol dogs funny, WTF Funny, Poke Images, Poke Pictures, Poke Facts, Poke Comi...
Jumat, 28 Maret 2014
Micro Cyber 2
Blog baru, inspirasi baru ...
kami menyediakan berbagai informasi di media sosial ... untuk lebih lanjut silahkan kunjungi website ini ...
http://microcyber2.blogspot.com/
Senin, 24 Maret 2014
Micro Cyber 2
Blog baru, inspirasi baru ...
kami menyediakan berbagai informasi di media sosial ... untuk lebih lanjut silahkan kunjungi website ini ...
Senin, 24 Maret 2014